Sabtu 16 May 2020 20:17 WIB

Clubb Brugge Dipastikan Juara Liga Belgia

Brugge dalam posisi unggul 15 poin di puncak klaseman dari tim runner-up Gent.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
Klub yang memuncaki Liga Pro Belgia musim ini, Club Brugge, dinyatakan juara Pro LEague musim 2019/2020.
Foto: EPA-EFE/STEPHANIE LECOCQ
Klub yang memuncaki Liga Pro Belgia musim ini, Club Brugge, dinyatakan juara Pro LEague musim 2019/2020.

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS --Club Brugge akhirnya resmi dinobatkan sebagai juara Liga Belgia, setelah Pro League mengonfirmasi keputusan untuk menggentikan kompetisi secara prematur karena pandemi corona. Brugge dalam posisi unggul 15 poin di puncak klaseman dari tim runner-up Gent.

Itu merupakan gelar ke-17 untuk Brugge dan ketiga dalam lima musim terakhir. Sebagai juara, Brugge otomatis lolos ke Liga Champions musim depan. 

Baca Juga

Belgia jadi negara pertama di Eropa yang mengakhiri musim 2019/20 secara permanen. Keputusan itu sebenarnya sudah diambil petinggi Pro League sejak bulan lalu. Namun keputusan tersebut digantung setelah ada teguran dari UEFA.

Dalam perjalanannya, Liga Belanda kemudian memutuskan menghentikan kompetisi. Berikutnya Liga Prancis. Alasan izin dari pemerintah membuat kedua liga tersebut terpaksa tak melanjutkan musim 2019/2020 yang mulai memasuki sepertiga akhir.

Situasi ini memberikan kemudahan bagi pengelola liga. Namun untuk menegaskan keputusan tersebut, Pro League harus mendapatkan ratifikasi dari klub, yang dilakukan dalam pertemuan umum Jumat (15/5).

Brugge mengonfirmasi lewat akun Twitter mereka soal gelar juara yang didapat, seperti dikutip dari AS, Sabtu (16/5). Khususnya setelah media Belgia lebih dulu mewartakan kalau pertemuan itu juga memutuskan klub yang terdegradasi yaitu Waasland-Beveren. Pro League akan menyusul membuat pernyataan resmi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement