Ahad 12 Apr 2020 12:47 WIB

ISEI Donasi Penanganan Covid-19 Rp 530 juta

Pengumpulan donasi ini merupakan wujud kepedulian dan tanggung jawab moral ISEI

ISEI mendonasikan bantuan senilai Rp 530 juta untuk penanganan Covid-19 yang salah satunya melalui Dompet Dhuafa.
Foto: Dompet Dhuafa
ISEI mendonasikan bantuan senilai Rp 530 juta untuk penanganan Covid-19 yang salah satunya melalui Dompet Dhuafa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) memberikan donasi senilai Rp 530 juta untuk penanganan wabah virus Corona (Covid-19).

Donasi diserahterimakan Ketua Umum ISEI Dr Pery Warjiyo melalui video conference  kepada beberapa lembaga, salah satunya Dompet Dhuafa, Sabtu (11/2).

"Kami mengapresiasi tenaga medis yang berjuang menangani covid-19. Donasi ini kami prioritaskan untuk tim medis, alat pelindung diri, dan lainnya," kata Pery Warjiyo yang juga merupakan Gubernur Bank Indonesia.

Ia juga menyampaikan pengumpulan donasi ini merupakan wujud kepedulian dan tanggung jawab moral ISEI terhadap situasi dan kondisi pandemi Covid-19 yang saat ini dihadapi masyarakat, “Semoga upaya yang dilakukan ISEI hari ini dapat memberi kontribusi agar masalah kesehatan, kemanusiaan, dan ekonomi bisa diatasi,” kata Perry.

Hadir juga dalam video conference adalah Ketua ISEI DKI Jakarta Dr Halim Alamsyah, Ketua ISEI Bogor Prof. Nurul Azam, Sekjen ISEI Dr. Solikin, pengurus ISEI Dr. Aviliani, Anita Faisal, Eko B. Suprianto dan lainnya.

Ini merupakan kepedulian ISEI terhadap permasalahan yang dihadapi saat ini, persoalan kesehatan covid-19, yang juga berdampak terhadap ekonomi dan aspek lainnya. 

Donasi diberikan kepada Asosiasi Rumah Sakit Swasta (ARSI) Rp 100 juta, RS Muhammadiyah Rp 100 juta, RS Bhayangkara Brimob Rp 50 juta, RSUD Bangka Selatan Rp 100 juta, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Bogor Rp 50 juta, Dompet Dhuafa Rp 100 juta, dan lainnya Rp 50 juta.

Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Nasyith Madjidi mengapresiasi kepedulian ISEI dengan menyalurlan donasi kepada lembaga-lembaga yang aktif dalam penanganan covid-19 dan masyarakat terdampak. Saat ini Dompet Dhuafa mensiagakan 8 rumah sakit, 21 klinik, 30 ambulance orang sakit, 5 ambulance jenazah, 200 zona layanan, 15.000 relawan melayani masyarakat terkait covid-19. 

DD juga menyiapkan Rumah Sakit Lapangan dan RS Kontainer. Bantuan yang disalurkan Dompet Dhuafa antara lain  Alat Pelindung Diri (APD) tim medis ke 50 rumah sakit di berbagai wilayah, alat kesehatan (Alkes), distribusi Hygiene Kit, rapid test, penyaluran sembako, paket ibadah, penyemprotan disinfektan, layanan Psikososial dan lainnya. “Kami mengapresiasi ISEI bersama-sama kami konsens dalam penanganan covid-19,” ungkap Nasyith.

“Kamipun menerjunkan tim respon khusus untuk Penanggulangan Covid-19 ini, yaitu tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa, tim Kesehatan dan tim Pemulasaran Jenazah tersertifikasi,” lanjut Nasyith.

Ketua ARSI Susi Suli menyampaikan saat ini ada 1.800 rumah sakit swasta di Indonesia. Jumlahnya sekitar 68 persen dari total RS. "Kami mengucapkan terimakasih atas donasi ISEI,"tuturnya.

Pery Warjiyo menyatakan bantuan diberikan kepada rumah sakit-rumah sakit swasta karena masih banyaknya kebutuhan untuk APD dan juga keperluan tim medis lainnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement