Sabtu 07 Mar 2020 02:20 WIB

Sejumlah Masjid Ikuti Imbauan DMI Terkait Antisipasi Corona

Bagi jamaah yang sakit diimbau shalat di tempat terbuka.

Rep: Idealisa Masyafrina/ Red: Muhammad Hafil
Sejumlah Masjid Ikuti Imbauan DMI Terkait Antisipasi Corona. Foto: Pekerja merenovasi kubah Masjid Istiqlal Jakarta, Rabu (19/2/2020).
Foto: Antara/Galih Pradipta
Sejumlah Masjid Ikuti Imbauan DMI Terkait Antisipasi Corona. Foto: Pekerja merenovasi kubah Masjid Istiqlal Jakarta, Rabu (19/2/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (PP DMI) memberikan himbauan kepada seluruh masjid Indonesia agar lebih rajin membersihkan masjid dengan disinfektan. Hal ini guna mengantisipasi penyebaran virus corona Covid-19.

Tidak hanya masalah kebersihan, Masjid Sunda Kelapa telah memberikan berbagai pemahaman kepada para jamaah untuk selalu menjaga kesehatan fisik. "Jadi mereka masuk masjid tidak hanya sehat secara batin tapi juga fisik," kata Sekretaris Masjid Sunda Kelapa, Ismed Hasan Putro, Jumat (6/3).

Baca Juga

Dia menjelaskan, masjid tersebut selalu dibersihkan setiap pagi dan sore, sehingga kebersihan tetap terjaga. Selain itu fasilitas tempat wudhu masjid juga sesuai dengan kapasitas jamaah agar memudahkan mereka untuk bersuci.

Dalam hal himbauan DMI mengenai pencegahan penyebaran virus Covid-19, masjid telah memberikan himbauan kepada jamaah perempuan pada saat taklim agar menjaga kebersihan diri dan keluarga, khususnya anak-anak, sebelum melakukan ibadah ke masjid.

Selain itu, bagi jamaah yang sakit, masjid memberikan imbauan untuk sholat di ruang samping yang terbuka.  Karena udara dingin dari AC di dalam tidak baik bagi yang sakit dan dapat lebih mudah menyebarkan penyakit. Dengan menghindari untuk sholat di dalam, jamaah yang sakit juga telah menghormati dan memberikan kenyamanan bagi jamaah lainnya.

"Jadi memang Masjid Sunda kelapa ini sudah memastikan kenyamanan jamaah dengan menyediakan ruang sholat yang banyak. Tidak hanya untuk virus corona, tapi untuk penyakit lainnya," jelasnya.

Pengurus Masjid Istiqlal juga telah memberikan himbauan saat khotbah kepada para jamaah mengenai kebersihan dalam membentengi diri dari virus Covid-19. Namun menurut Kabag Humas Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, sejauh ini tidak banyak yang dapat dilakukan oleh pengurus masjid, mengingat saat ini Istiqlal sedang renovasi besar-besaran.

"Dalam pelayanan tamu-tamu asing, kami mematuhi anjuran dari pemerintah seperti tidak mengadakan kontak fisik seperti salaman dan memakai masker.  Untuk yang lain-lainnya belum bisa karena Istiqlal sedang dalam renovasi besar-besaran," jelasnya.

Sebelumnya, Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (PP DMI) mengimbau masjid agar teratur menjaga kebersihan lantai masjid dengan cairan disinfektan agar steril dari berbagai bibit penyakit. Termasuk ancaman virus Corona Covid-19.

"PP DMI mengimbau seluruh jajaran untuk melakukan Sanitasi Siaga bersama DKM dan takmir. Teratur menjaga kebersihan lantai masjid/mushola dengan cairan disinfektan," kata Ketua Umum DMI HM Jusuf Kalla dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Dia meminta masjid agar dijaga kebersihan tempat wudhu dan toiletnya dengan cairan disinfektan. Selain itu, mantan Wapres RI juga mengajak umat untuk menjaga kebersihan karpet dan alas shalat lainnya dengan rutin. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement