Rabu 04 Mar 2020 15:08 WIB

Datang ke Resepsi Pernikahan, Baca Doa Ini untuk Pengantin

Rasulullah SAW memberikan contoh doa untuk pengantin.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah
Rasulullah SAW memberikan contoh doa untuk pengantin. Ilustrasi pernikahan
Foto: Antara/Anis Efizudin
Rasulullah SAW memberikan contoh doa untuk pengantin. Ilustrasi pernikahan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Doa merupakan salah satu bagian dari adab dan etika bagi seorang Muslim, baik itu kepada Allah SWT ataupun kepada sesama manusia.  Salah satu adab berdoa di yakni ketika berkunjung ke pernikahan orang lain—tak terkecuali mantan.

Mendoakan pernikahan orang lain ketika kita tengah mengunjunginya merupakan akhlak yang mulia. Rasulullah SAW mengajarkan pada umatnya untuk mendoakan pengantin baru yang resmi memulai bahtera rumah tangga.

Baca Juga

Doa tersebut berasal dari hadis shahih menurut At Tirmidzi, Ibnu Khuzaimah, dan Ibnu Hibban. Adapun hadis ini merupakan hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah berbunyi: 

بَارَكَ اللهُ لَكُماَ وَبَارَكَ عَلَيْكُماَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

“Barakallahu laka wa baraka alaika wa jamaa baynakuma fii khair.”. 

Yang artinya: “Mudah-mudahan Allah memberkahi engkau dalam segala hal, dan mempersatukan kalian berdua dalam keadaan kebaikan.” 

Sekiranya, doa ini baik untuk dibaca ketika orang-orang yang kita kenal telah melangsungkan pernikahan. Di mana pernikahan sendiri dalam Islam dikenal sebagai sunnah Rasulullah SAW. Sehingga dengan turut mendoakan, niscaya kita juga mendapat kebaikan dari doa yang dihaturkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement