Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Berantas Buta Alquran, Rumah Zakat Gelar TPQ di Banjaranyar

Jumat 28 Feb 2020 17:25 WIB

Red: Gita Amanda

Berantas buta Alquran, Rumah Zakat gelar TPQ di Banjaranyar.

Berantas buta Alquran, Rumah Zakat gelar TPQ di Banjaranyar.

Foto: Rumah Zakat
TPQ Dewasa dengan tujuan memberantas buta Alquran yang dialami warga.

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL -- Rumah Zakat Banjaraanyar adalah satu desa yang termasuk dalam Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal. Desa ini memiliki dua Dukuh kecil, yaitu Kaligimber dan Dukuh Gayam.

Baca Juga

Salah satu Dukuh, yaitu Dukuh Gayam, merupakan Dukuh yang wilayahnya jauh dari pusat desa. Wilayahnya dikelilingi oleh persawahan yang luas, ditambah akses jalan yang belum

Dikelilingi lahan persawahan yang luas, ditambah akses jalan yang belum berfungsi dengan baik, menjadikan dukuh ini tertinggal dibanding wilayah lain termasuk dalam hal pendidikan bagi warga yang mendiaminya.

Tidak sampai disitu, di dukuh ini masih banyak warga yang buta Alquran. Hal ini menjadikan Miska selaku fasilitator Desa Berdaya Banjaranyar berpikir untuk mengadakan TPQ Dewasa dengan tujuan memberantas buta Alquran yang dialami warga Dukuh ini.

Dibantu oleh Ana selaku tokoh pemuda setempat, setiap sore bertempat di kediaman Toti, Rumah Zakat mengajarkan iqro beserta hafalan surat pendek kepada para peserta TPQ. "Alhamdulillah, dulu saya belum mengenal huruf Hijaiyah. Tetapi setelah Rumah Zakat hadir di Dukuh ini dan mengajarkan membaca Alquran, sekarang saya sudah mengenal huruf Hijaiyah. Bahkan sekarang, saya pun sudah punya hafalan surat pendek. Matur nuwun Rumah Zakat," ungkap Rojah salah satu peserta TPQ.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA