Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Dompet Dhuafa Targetkan Layanan Halobumil Prioritas di 10 RS

Kamis 20 Feb 2020 21:41 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Gita Amanda

Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa

Halobumil merupakan pelayanan kesehatan yang membantu mencegah kematian ibu hamil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama Rumah Sakit Kartika Pulomas yang dikelola oleh Dompet Dhuafa, drg. Wahyu Prabowo mengatakan, pelayanan Halobumil ditargetkan akan dilakukan di 10 rumah sakit di beberapa daerah. Daerah tersebut yakni di Medan, Cikarang, Tangerang Selatan, dan kawasan Bumi Serpong Damai (BSD).

Halobumil merupakan pelayanan kesehatan wanita (Women Health Care) yang memberikan berbagai layanan kesehatan pencegahan, diagnosis, dan perawatan dalam upaya meningkatkan kesehatan reproduksi wanita. Termasuk juga mencegah Angka Kematian Ibu (AKI).

"Target kita tahun ini ada 10 rumah sakit yang bisa dikerjasamakan dengan Halobumil," kata dia kepada Republika.co.id di Rumah Sakit Kartika Pulomas Jakarta Timur, Kamis (20/2).

Wahyu mengatakan, dengan satu layanan dari Halobumil, itu bisa menambah kapasitas hingga 1.000 pasien ibu hamil per bulan. "Dengan begitu maka tindakan kelahiran akan bertambah menjadi 200 pasien per bulan. Jadi implikasi terhadap revenue rumah sakit itu luar biasa," katanya.

Rencananya, pelayanan Halobumi juga akan diintegrasikan dengan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS). Namun saat ini pihaknya masih mengkaji terlebih dulu. "Kita rencana juga mau buka pelayanan Halobumil di Timika Papua, mudah-mudahan di tahun ini. InsyaAllah kita bisa buka," tuturnya.

Pendiri Halobumil, dr. Aziz Fahrudin, Sp.OG, menambahkan, Halobumil bukan aplikasi online ataupun pelayanan online, melainkan lewat Halobumil pasien dapat mendaftar secara online. Dengan begitu, pasien tidak perlu lagi menunggu lama untuk masuk ke ruang pemeriksaan.

"Jadi ibu-ibu tidak harus datang pagi-pagi sekali. Supaya waktu tidak terbuang sia-sia dan tidak menunggu lama. Jadi tidak menimbulkan crowded di rumah sakit. Apalagi sampai datang pagi-pagi padahal antreannya misalnya nomor 20. Jadi mereka bisa menyiapkan sarapan pagi juga kan untuk suami dan anak-anaknya," tutur dia.

Dengan layanan Halobumil Prioritas, pasien ibu hamil di Rumah Sakit Kartika Pulomas mendapat layanan USG 4D dengan harga terjangkau yakni Rp 250 ribu. Harga ini sudah termasuk konsultasi, administrasi, dan dan cetakan USG 2D dan 4D. Semua kalangan boleh mendaftar, termasuk kalangan dhuafa. "Tarif ini berlaku untuk semua kalangan," tutur dia.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA