Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Doa Memberi dan Diberikan Hadiah

Senin 17 Feb 2020 13:01 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

Doa Memberi dan Diberikan Hadiah.

Doa Memberi dan Diberikan Hadiah.

Foto: gifts4women.org
Etika saat memberi dan diberi hadiah adalah berdoa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Etika dan adab dalam Islam sangat didahulukan. Bahkan disebutkan adab dan akhlak dulu baru ilmu. Salah satu etika yang dianjurkan dilakukan adalah berdoa, tak terkecuali saat kita memberi atau diberikan hadiah.

Dalam buku Kumpulan Doa Berdasarkan Alquran dan Sunah karya Sa'id Ali bin Wahf al-Qahthoni dijabarkan, terdapat doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika hendak memberi atau diberikan hadiah. Doa ini bersumber dari hadits Rasulullah SAW.

Hadits tersebut berbunyi: "Dari Aisyah, dia berkata: Ketika Rasulullah SAW diberikan hadiah kambing, beliau bersabda: 'Bagilah'."

Adapun Aisyah ketika pembantunya kembali, dia bertanya: "Apa yang dikatakan oleh orang-orang yang dikirimi hadiah?" Sang pembantu pun berkata: "Barakallah fiikum."

Yang artinya: "Semoga Allah memberkahimu." Lalu Aisyah membalas: "Wa fiihim barakallah." Yang artinya: "Dan semoga Allah memberkahi mereka."

Bacalah doa ini ketika kita diberi atau memberikan hadiah. Semoga Allah berkenan dan ridha selalu atas apa-apa yang kita lakukan di dunia.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA