Sunday, 5 Sya'ban 1441 / 29 March 2020

Sunday, 5 Sya'ban 1441 / 29 March 2020

Elbama Bina Ilmu Bantu Benahi Mushala Tholabul Ilmi

Senin 17 Feb 2020 12:20 WIB

Rep: Irwan Kelana/ Red: Agung Sasongko

Serah terima material diberikan langsung Ketua Dewan Pembina Elbama Suprianto, manager Elbama Abdul Malik Alhasan, yang diterima Guru Pendidikan Agama Islam, SDN Mekarwangi, Sulaiman Alfaruk SAg.

Serah terima material diberikan langsung Ketua Dewan Pembina Elbama Suprianto, manager Elbama Abdul Malik Alhasan, yang diterima Guru Pendidikan Agama Islam, SDN Mekarwangi, Sulaiman Alfaruk SAg.

Foto: Dok YPI Bina Ilmu
Kegiatan ini merupakan program baru Elbama pada tahun 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Lembaga Baitul Mal (Elbama) yang berada di bawah Yayasan Pembinaan Umat (YPU) Bina Ilmu, Parung, Bogor, Jawa Barat, untuk kali pertama melakukan Benah Rumah Ibadah (Beri), Ahad, (16/2). 

Kegiatan ini merupakan program baru Elbama pada tahun 2020. Sasarannya adalah masjid atau mushalla yang berada di lingkungan pendidikan yang layak mendapat manfaat untuk dilakukan pembenahan agar bisa dimaksimalkan penggunaannya sebagai sarana ibadah di sekolah. 

Mushalla Tholabul Ilmi yang berada di lingkungan SDN Mekarwangi yang beralamat di Jl. Kemboja, Kp. Saja, RT 05, RW 01, Kelurahan Pemagarsari, Kecamatan Parung , Bogor, Jawa Barat, yang menerima manfaat dari Program Beri 1 Elbama.

Mushalla berukuran 8 x 4 meter persegi ini terletak di area timur SDN Mekarwangi yang bersebelahan dengan Aula PGRI Parung dilakukan pengecatan dinding dan pemasangan plafon. Selama delapan jam sejak pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB akhirnya rampung dikerjakan dengan mengerahkan 12 relawan Elbama. 

Serah terima material diberikan langsung Ketua Dewan Pembina Elbama Suprianto, manager Elbama Abdul Malik Alhasan, yang diterima Guru Pendidikan Agama Islam, SDN Mekarwangi, Sulaiman Alfaruk SAg. Tampak hadir, Ketua YPU Bina Ilmu, Nurcholis, Kepala SDN Mekarwangi, Sidik Abdullah, MPd, jajaran pendidik SDN Mekarwangi.

Kepala SDN Mekarwangi, Sidik Abdullah, M.Pd, merasa bersyukur atas bantuan yang diberikan Elbama untuk membenahi mushala di lingkungan kerjanya. ''Alhamdulillah wasyukurillah. Berkat bantuan dari badan Elbama yang diprakarsai oleh Pak Suprianto selaku Pembina Elbama, kondisi mushola yang ada di area SDN Mekarwangi sudah berubah menjadi lebih baik dan layak untuk digunakan sebagai sarana ibadah kepada Allah SWT,'' ujarnya. 

Lebih lanjut  Sidik, menyampaikan terima kasih khusus kepada Yayasan Pembinaan Umat (YPU) Bina Ilmu. ''Ucapan terima kasih juga kami sampaikan buat Yayasan Bina Ilmu yang sudah membantu dengan ikhlas dalam pengembangan sarana ibadah. Hanya Allah SWT yang dapat membalas kebaikannya. Aamiin.'' ucapnya. 

Sidik berharap dengan rampungnya mushalla bisa meningkatkan aktivitas peribadatan bagi keluarga besar SDN Mekarwangi dan warga masyarakat sekitar sekolah. ''Harapan kami dengan dilaksanakannya program ini dapat meningkatkan kompetensi sikap spiritual warga sekolah di SD Negeri Mekarwangi khususnya dan masyarakat umum yang pada saat masuk waktu shalat fardhu berada di kawasan sekolah atu sekitarnya dapat melaksanakan ibadah dengan lebih khusyu,''paparnya. 

Sementara itu, manager Elbama, Abdul Malik Alhasan, tak dapat menyembunyikan rasa bahagia dengan terlaksananya program benah rumah ibadah yang pertama. ''Syukur alhamdulillah, hari ini (Ahad, 16/2, red) saya sangat bahagia karena dapat  terlibat langsung dalam kegiatan Benah Rumah Ibadah (BERI) jilid 1,''ujarnya.

Malik mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih atas kepercayaan yang diberikan oleh para donatur dan dermawan cilik yang berada di lingkungan Perguruan Bina Ilmu. ''Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh donatur, relawan, dan semua pihak yang telah ikut terlibat di dalamnya,'' katanya.

Kegiatan ini, sambung Guru Kelas 1C SDT Bina Ilmu, adalah program terbaru dari Lembaga Baitul Mal (Elbama) Bina Ilmu. ''Sejatinya, kegiatan yang kami suguhkan adalah bagian dari proses penyaluran donasi yang telah kami himpun dari para donatur dan dermawan. Memang Sumbangsih kami tak seberapa, tapi Insya Allah keikhlasan kami nyata. Karena bagi kami, kebahagiaan yang hakiki adalah ketika diri kita mampu bermanfaat untuk umat,'' tandasnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA