Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

Survei: Erdogan Pemimpin Muslim Paling Populer di Dunia

Sabtu 15 Feb 2020 04:40 WIB

Rep: Fuji Eka Permana/ Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah

Popularitas Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengalahkan popularitas Raja Salman dan Presiden Rouhani.

Popularitas Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengalahkan popularitas Raja Salman dan Presiden Rouhani.

Foto: FAZRY ISMAIL/EPA-EFE
Erdogan mengalahkan popularitas Raja Salman dan Presiden Rouhani.

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD  – Dalam indeks popularitas tahunan para pemimpin dunia internasional versi Gallup, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menjadi pemimpin Muslim paling popular. Dia berada pada urutan kelima dari lima pemimpin paling disukai di dunia versi Gallup.  

Erdogan menempati urutan kelima dari deretan pemimpin yang paling disukai di dunia. Presiden Turki mendapat skor popularitas 30 persen diikuti Raja Salman dengan skor popularitas 25 persen dan Presiden Iran Hassan Rouhani yang mendapat skor popularitas 21 persen.   

Dikutip dari The News pada Jumat (14/2), Kanselir Jerman Angela Merkel mendapat skor popularitas 46 persen. Presiden Prancis Emmanuel Macron mendapat skor 40 persen. Presiden Russia Vladimir Vladimirovich Putin mendapat skor 36 persen. Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendapat skor 31 persen.   

Pada urutan kelima, Presiden Erdogan mendapat skor 30 persen. Mereka adalah lima pemimpin kelas dunia yang paling populer berdasar hasil Survei Akhir Tahun Internasional Gallup (EoY).

Survei akhir tahun Internasional Gallup adalah tradisi tahunan yang diprakarsai dan dirancang George Gallup pada 1977. Kemudian tradisi ini dilakukan setiap tahun sejak saat itu sampai sekarang.

Tahun ini Survei Akhir Tahun Internasional Gallup dilakukan di 50 negara di seluruh dunia. Total 50.261 orang yang diwawancarai. Di setiap negara mengambil sampel yang representatif dari sekitar 1.000 pria dan wanita. Mereka diwawancarai selama November-Desember baik secara langsung maupun melalui telepon atau daring.  

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA