Jumat 14 Feb 2020 13:40 WIB

PUPR Malut Optimistis Masjid Raya Rampung pada 2021

Pembangunan Masjid Agung Sofifi diharapkan selesai saat Seleksi Tilawatil Quran.

PUPR Malut Optimistis Masjid Raya Rampung pada 2021. Foto ilustrasi.
PUPR Malut Optimistis Masjid Raya Rampung pada 2021. Foto ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Maluku Utara (Malut) optimistis menuntaskan pembangunan masjid raya di Sofifi saat Malut menjadi tuan rumah penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat nasional ke-26 pada 2021.

"Selain merampungkan pembangunan masjid raya, PUPR akan melakukan perbaikan sarana air bersih," kata Kepala Dinas PUPR Malut, Santrani Abusama di Ternate, Jumat (14/2).

Baca Juga

Dia menyebut, alokasi anggaran pembangunan Masjid Raya Sofifi sebesar Rp 38 miliar dan anggaran perbaikan sarana air bersih senilai Rp 9,8 miliar. Menurut dia, Ruang Terbuka Hijau (RTH) di ibu kota Provinsi Malut akan dibenahi. Hal itu agar keindahan, kenyamanan, dan kesejukan kota Sofifi menonjol untuk menyambut para kafilah STQ nanti.

Dengan menyiapkan fasilitas ini, PUPR optimistis bisa menghadirkan kenyamanan dan kesan yang baik bagi peserta STQ 2021. STQ akan dihadiri kafilah dari 33 provinsi. Bahkan, Pemprov Malut mulai fokus merampungkan sejumlah fasilitas pembangunan infrastruktur di Sofifi dengan target penyelesaian APBD Tahun Anggaran 2020 ini yang dikerjakan oleh Dinas PUPR. Salah satunya pembangunan Masjid Raya Sofifi

Sebelumnya, Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba menginstruksikan seluruh SKPD untuk menyukseskan STQ Tingkat Nasional pada 2021. "Saya telah meminta agar Perkim bersinergi dengan PUPR agar cepat Membangun rumah bagi duta-duta mewakili daerahnya dalam menghadapi STQ pada 2021 di Sofifi," katanya.

Untuk mendukung ajang nasional itu, Abdul langsung memerintahkan instansi terkait untuk segera membangun rumah para kafilah dari 33 Provinsi di Indonesia yang akan datang ke Sofifi. Selain itu, kepada seluruh pimpinan OPD, dirinya meminta agar harus bersama-sama bergandeng tangan untuk bisa menyukseskan STQ Nasional 2021 nanti.

"Event bertaraf nasional harus berhasil, jadi saya meminta semua bersama-sama, apa pun itu kita harus menyukseskan STQ pada 2021 di Sofifi," kata Abdul.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement