Selasa 11 Feb 2020 20:00 WIB

Ibunda Anies Baswedan Tekankan Seorang Ibu Harus Berilmu

Seorang ibu dituntut untuk mempunyai ilmu bagi anak-anaknya.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Seorang ibu dituntut untuk mempunyai ilmu bagi anak-anaknya. Foto ibunda Anies Baswedan, Prof Aliyah Rasyid Baswedan
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Seorang ibu dituntut untuk mempunyai ilmu bagi anak-anaknya. Foto ibunda Anies Baswedan, Prof Aliyah Rasyid Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ibunda Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, Prof Aliyah Rasyid Baswedan mengungkapkan pentingnya seorang ibu untuk rutin menambah ilmu pengetahuan baru. 

"Alhamdulillah kita memiliki kesempatan untuk mendapatkan ilmu baru yang jarang dikaji tetapi permasalahannya sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari,"ujar dia usai Kajian Wanita Al Irsyad di Rumah Dinas Gubernur DKI Jakarta, Selasa (11/2). 

Baca Juga

Kajian tentang mengenal dan memahami bahasa cinta pasangan hidup ini bisa menmabah wawasan bagaimana hidup berkeluarga. Terutama dalam mendidik anak-anak sesuai dengan fitrahnya.  

"Seorang ibu merupakan orang yang penting untuk membangun generasi yang akan datang demi keluarga sakinah, mawadah, warahmah,"jelas guru besar Universitas Negeri Yogjakarta ini.  

Sedikit menukilkan surah An-Nisa ayat ke-9, bahwa seorang Muslim menjadi berdosa jika tidak bisa membangun atau tidak bisa mendidik anak untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin besar. 

Dari keluarga yang sakinah, mawadwah, dan warahmah ini nantinya akan tumbuh anak yang berkualitas. 

Mereka selalu berpegang kepada tali Allah dan ajaran Islam sebagai pedoman hidupnya. Dari ajaran Islam ini menurut Aliyah, bisa menjadi ilmu yang kekal bermanfaat untuk hidup dan kehidupan kita.  

Ibu merupakan pemegang kunci surga. Ketika anak ingin jadi apapun itu bergantung pada pendidikannya sejak usia dini bahkan sejak di kandungan.  

Aliyah juga bersyukur dengan adanya Ormas Wanita Al Irsyad yang memiliki peranan penting di masyarakat. Wanita-wanitanya tidak hanya terjun di masyarakat tetapi juga mampu seimbang dalam mengurus rumah tangganya. 

Dengan kajian rutin untuk wanita ini diharapkan ibu-ibu yang ikut serta dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Ilmu yang didapatkan pun dapat dibagikan kepada lingkungan sekitar.n Ratna Ajeng Tejomukti  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement