Sunday, 5 Sya'ban 1441 / 29 March 2020

Sunday, 5 Sya'ban 1441 / 29 March 2020

Jika Keraguan Melanda Iman dan Islam, Bacalah Doa Ini

Senin 10 Feb 2020 14:46 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil

Jika Keraguan Melanda Iman dan Islam, Bacalah Doa Ini. Foto: Keimanan/Ilustrasi

Jika Keraguan Melanda Iman dan Islam, Bacalah Doa Ini. Foto: Keimanan/Ilustrasi

Foto: Republika/Tahta Aidilla
Membaca doa ini agar Allah menguatkan iman dan Islam kita.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hati manusia biasa bukanlah seperti hati Rasulullah SAW yang kadar keimanannya terus meningkat dari waktu ke waktu. Sehingga jika keraguan melanda iman, segerakanlah baca doa ini agar Allah menguatkan iman Islam kita.

Dalam buku Kumpulan Doa Berdasarkan Alquran dan Sunah karya Sa'id Ali bin Wahf al-Qahthoni disebutkan, ketika hati dilanda keraguan dalam beriman, segeralah ia memohon perlindungan kepada Allah SWT. Satu-satunya zat yang Maha Kuasa, lagi Maha Penyayang.

Ketika ragu itu mendera, ingat-ingatlah perkataan hadist yang diriwayatkan Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda yang artinya: "Hendaklah ia berhenti dari keraguan,". Kemudian, lafalkanlah doa yang juga bersumber dari hadist Rasulullah SAW.

Dalam hadist riwayat Muslim, Rasulullah bersabda: "Aamantu billahi wa Rasulihi,". Yang artinya: "Aku beriman kepada Allah dan para Rasul yang diutus olehNya,".

Tak lupa, bacalah juga doa yang bersumber dari hadist riwayat Abu Dawud berikut ini: "Huwal-awwalu, wal-akhiru, waz-zhahiru, wal-bathinu, wa huwa bikulli syai'in aliim,". Yang artinya: "Dialah yang awal dan yang akhir, yang lahir, yang batin. Dialah Yang Mahamengetahui atas segala sesuatu,".

Semoga dengan membaca doa tersebut, Allah memberikan petunjukNya dan menempatkan kita selalu ke dalam barisan orang-orang saleh. Sehingga ketika berpindah ke akhirat, kita dapat ditempatkan bersama Rasulullah, sahabat-sahabatnya, serta orang-orang saleh kaum Muslimin.


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA