Selasa 04 Feb 2020 17:16 WIB

Dukung Citarum Harum, Rumah Yatim Bangun Septic Tank

Pembangunan septic tank komunal sangat membantu warga Cisaranten Kidul.

Relawan Rumah Yatim dan warga membangun septic tank komunal di RT 01 RW 08, Kelurahan Cisaranten Kidul, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Selasa (4/1).
Foto: Istimewa
Relawan Rumah Yatim dan warga membangun septic tank komunal di RT 01 RW 08, Kelurahan Cisaranten Kidul, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Selasa (4/1).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Kembali Rumah Yatim menggulirkan inovasi program bantuan dalam menyelamatkan kualitas anak Sungai Citarum. Salah satunya dengan membangun septic tank komunal di kawasan padat penduduk di RT 01 RW 08, Kelurahan Cisaranten Kidul, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Selasa (4/1).

photo
Rumah Yatim Bangun Septic Tank Komunal

Menurut Relawan Rumah Yatim Area Jabar Solehudin, kegiatan tersebut merupakan salah satu wujud dukungan Rumah Yatim kepada Pemkot Bandung, dalam menurunkan angka open defection free (ODF). ODF atau buang air besar sembarangan, kata dia, telah dilarang oleh pemerintah sejak beberapa tahun ini.  

‘’Di Bandung, program ini akan menopang program Citarum Harum,’’ ujar Solehudin, Selasa (4/2). Dia menyatakan, Rumah Yatim memiliki komitmen untuk menjaga kualitas air sungai. Menurutnya, bantuan pembuatan septic tank ini juga berguna untuk warga, khususnya di Kelurahan Cisaranten Kidul.

Dengan sistem septic tank komunal, papar Solehudin, dipastikan tidak akan menimbulkan bau tidak sedap. Pembuatan septic tank komunal ini, ungkap dia, dilakukan pada dua titik di RT 01.

Ketua RT 01 RW 08, Kelurahan Cisaranten Kidul Endang Kusno menyampaikan terima kasih kepada Rumah Yatim dan donaturnya atas program tersebut. Dia menyatakan, warganya sangat terbantu dengan bantuan adanya septic tank komunal.

‘’Bntuan ini sangat bermanfaat bagi keluarga yang belum memiliki penampungan limbah kotoran,’’ tandasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement