Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Youtuber Muslimah Ini Jadi Finalis British Muslim Awards

Kamis 30 Jan 2020 05:00 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah

Seorang Muslimah dan ibu tiga anak yang juga bintang Youtube asal Leicester, Anisa, masuk dalam daftar finalis Penghargaan Muslim Inggris (British Muslim Awards) 2020.

Seorang Muslimah dan ibu tiga anak yang juga bintang Youtube asal Leicester, Anisa, masuk dalam daftar finalis Penghargaan Muslim Inggris (British Muslim Awards) 2020.

Foto: leicester mercury
Anisa terkenal dengan video memasaknya di Youtube dengan tajuk Cook with Anisa.

REPUBLIKA.CO.ID, LEICESTER -- Seorang Muslimah dan ibu tiga anak yang juga bintang Youtube asal Leicester, Anisa, masuk dalam daftar finalis Penghargaan Muslim Inggris (British Muslim Awards) 2020. Anisa tercatat di antara daftar tujuh finalis dari Leicester untuk penghargaan yang akan diadakan akhir tahun ini di Manchester, Inggris.

Baca Juga

Finalis lainnya di antaranya berprofesi sebagai seniman, guru, dan bekerja di badan amal. Anisa dikenal dengan brand digitalnya yang dinamai 'Cook with Anisa'.

Ia mulai berbagi video memasak di media sosial. Rupanya, banyak yang menonton video yang ia unggah dan menginginkan resepnya.

Setelah didorong oleh teman-teman untuk membagikan resepnya di Youtube, Anisa dengan segan mulai membuat video demo masak yang sederhana dengan bantuan suaminya, Adam. Anisa mengungkapkan, video awalnya memang sedikit canggung, namun ia mengaku hanya ingin membantu yang lain.

"Memasak adalah keterampilan hidup yang luar biasa dan saya bahkan mendapat tanggapan dari para orang tua yang mengatakan anak-anak mereka memasak di rumah sekarang," kata Anisa, dilansir di Leicestershire Live, Rabu (29/1).

Tanpa kecakapan memasak formal, kecintaan Anisa pada makanan dan memasak itu rupanya berasal dari kenangan masa kecilnya saat ia belajar dari ibunya. Kini, ia memiliki ribuan pengikut (follower) di media sosial dan menjadi terkenal setelah tampil di acara dan festival memasak di Inggris. Anisa juga menjadi juri di sebuah festival memasak bersama pemenang Masterchef 2012, Shelina Permalloo.

Resep-resep yang dibagikan Anisa terdiri dari berbagai makanan ringan dan makanan yang ramah keluarga. Meskipun awalnya malu-malu, namun ia mulai lebih aktif dalam video dan berbicara kepada audiensinya. Tak ayal, channel Youtube-nya pun dengan cepat mendapatkan lebih banyak pelanggan (subscriber). Begitu pula media sosialnya yang memiliki jumlah pengikut yang banyak.

"Saya merasa sangat terharu, itu membuka banyak peluang bagi saya," ujarnya.

Anisa mengatakan ia telah bekerja dengan beberapa badan amal besar dan juga bekerja dengan BBC dan ITV. Ia bahkan berkesempatan untuk bekerja bersama Sainsbury's and Co-op. Pada Maret 2019, subscriber di Youtube-nya mencapai  100 ribu setelah ia menarik perhatian di berbagai acara, festival makanan, dan penghargaan.

Pengikut Instagram-nya kini berada di angka 47.100 dan terus bertambah. Anisa bahkan merasa terkejut dengan jumlah pengikutnya di media sosial tersebut. Ia mengakui awalnya tidak tertarik pada hal demikian.

"Senang mengetahui orang menyukai apa yang saya lakukan, tetapi selama saya membantu seseorang, saya senang dengan itu," ujarnya.

Kini, blogger makanan dan masak ini telah berhasil masuk dalam daftar finalis di British Muslim Awards 2020 dalam kategori Aktivitas Digital Tahun Ini. Anisa mengaku terkejut saat diberi tahu bahwa ia terpilih masuk dalam daftar finalis penghargaan bergengsi di Inggris ini. Ia tidak menyangka bahwa masyarakat banyak yang memilihnya, sehingga ia bisa mencapai tahap finalis ini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA