Thursday, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 February 2020

Thursday, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 February 2020

Manfaat Sedekah di Dunia, Alam Kubur, dan Hari Akhir Kelak

Rabu 29 Jan 2020 02:40 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Manfaat sedekah sangat banyak untuk tiap pribadi Muslim. Ilustrasi Sedekah

Manfaat sedekah sangat banyak untuk tiap pribadi Muslim. Ilustrasi Sedekah

Foto: Republika/Tahta Aidilla
Manfaat sedekah sangat banyak untuk tiap pribadi Muslim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bersedekah memang sudah selayaknya dilakukan tiap Muslim. Selain untuk menjalankan syariat Islam, bersedekah juga memiliki manfaat bagi tiap Muslim. Bahkan manfaat tersebut dapat dirasakan di dunia.

Baca Juga

Direktur Aswaja Center PWNU Jawa Timur, KH Ma'ruf Khozin, menjelaskan, dalam hadis riwayat ath-Thabrani dan al-Baihaqi, disebutkan sedekah dapat mengatasi orang yang sakit. "Obatilah orang sakit di antara kalian dengan sedekah," kata Nabi Muhammad bersabda.  

Selain itu, hadis lain yang diriwayatkan Thabrani juga menyebut bahwa bersedekah bisa menyelamatkan orang dari musibah. "Bersegeralah dengan sedekah, karena musibah tidak dapat melangkahi sedekah," demikian sabda Nabi Muhammad SAW. 

Khatib al-Baghdadi dalam hadis yang diriwayatkannya, menyampaikan lebih spesifik tentang faedah bersedekah. Dalam hadis yang diriwayatkannya, Nabi SAW bersabda, "Sedekah dapat mencegah 70 macam musibah, paling ringan adalah penyakit kulit lepra". 

Bersedekah, jelas Kiai Khozin, juga bisa membuat Muslim terhindar dari kondisi kematian su'ul khatimah. Nabi Muhammad SAW melalui hadis riwayat Thabrani, mengatakan, "Sedekah dapat meredam murka Allah dan mencegah mati dalam keadaan buruk.

Di alam kubur pun bersedekah dapat memberi pertolongan karena pahalanya amat dekat pada diri setiap Muslim yang telah wafat, selain tentunya pahala shalat. 

"Jika ada orang Islam meninggal maka pahala shalat di dekat kepalanya, pahala sedekah di sebelah kanannya dan pahala puasa di dadanya," ujar Nabi Muhammad SAW dalam hadis riwayat Abu Nuaim.

Kiai Khozin juga memaparkan, bersedekah juga bisa menolong Muslim di Hari Kiamat. "Setiap orang berada di bawah bayangan sedekahnya hingga manusia selesai diputuskan hukumnya," ujar Kiai Khozin mengutip hadis riwayat Ahmad.

Dalam hadis riwayat Bukhari, pun disebutkan tentang hikmah di balik sedekah. Nabi SAW bersabda, "Lindungilah diri kalian dari neraka walaupun dengan sedekah sebiji kurma".

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA