Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Dharmasraya akan Bangun Islamic Center

Rabu 08 Jan 2020 14:02 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil

Dharmasraya akan Bangun Islamic Center. Foto: Bupati DharmasrayaSutan Riska Tuanku Kerajaan

Dharmasraya akan Bangun Islamic Center. Foto: Bupati DharmasrayaSutan Riska Tuanku Kerajaan

Foto: Dok Pri
Pembangunan Islamic Center di Dharmasraya akan dibangun di Gunung Medan.

REPUBLIKA.CO.ID,DHARMASRAYA--Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengatakan pihaknya berencana membangun Islamic Center bertaraf internasional. Rencananya Pemkab Dharmasraya membangun Islamic Center di Nagari Gunung Medan.

Baca Juga

Sutan Riska menyebut rencana pembangunan besar ini sudah mendapat restu dan dukungan dari pemerintah pusat.

"Alhamdulillah, rencana besar kita membangun Islamic Center mendapat dukungan dari pemerintah pusat," kata Sutan Riska, Rabu (8/1).

Sutan Riska menambahkan Pemkah Dharmasraya sudah mempunyai lahan untuk membangun Islamic Center. Tanah tersebut merupakan hibah dari masyarakat Gunung Medan yang juga antusias terhadap adanya bangunan yang akan jadi salah satu ikon Dharmasraya nanti.

Selain pembangunan Islamic Center, Pemkab Dharmasraya juga berencana membangun Rumah Gadang. Di mana nantinya Rumah Gadang yang akan dibangun tersebut menurut Sutan Riska akan jadi Rumah Gadang terbesar di Sumatra Barat.

Pembangunan Rumah Gadang ini akan dimulai pada 2021 mendatang. Ia berharap dengan adanya Islamic Center dan Rumah Gadang akan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat Dharmasraya.

"Saya sudah sampaikan kepada seluruh ninik mamak bahwa kita akan membangun rumah gadang terbesar di Sumbar pada 2021, letaknya di Dharmasraya, mudah-mudahan akan berjalan lancar," ujar Sutan Riska.

Kemudian Sutan Riska juga menyebut Pemkab akan mengupayakan adanya pembangunan jalan tol melintasi Dharmasraya. Jalan tol yang ia maksud nanti akan dapat menjadi penghubung Dharmasraya, Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Pesisir Selatan.

Usul pembangunan jalan tol ini akan dibicarakan lebih dahulu antara Pemkab Dharmasraya dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Mulyono.

"Rencananya Menteri PUPR akan berkunjung ke Dharmasraya, tentu kesempatan ini tidak kita sia-siakan. Saya akan usulkan pembangunan jalan tol Dharmasraya, Solok Selatan dan Pesisir Selatan, yang dimulai dari Padang Laweh Dharmasraya," kata Sutan Riska menambahkan.

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA