Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Komunitas Muslim Worcester Beri Bantuan Teman Bicara

Senin 27 Jan 2020 15:11 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah

Komunitas Muslim Worcester Beri Bantuan Teman Bicara. Komunitas Muslim di Inggris tepatnya di Kota Worcester mengadakan kegiatan amal yang diberi nama The Purpose of Life.

Komunitas Muslim Worcester Beri Bantuan Teman Bicara. Komunitas Muslim di Inggris tepatnya di Kota Worcester mengadakan kegiatan amal yang diberi nama The Purpose of Life.

Foto: Halesowen News
Kegiatan ini untuk membantu orang yang mengalami kesulitan hidup.

REPUBLIKA.CO.ID, WORCESTER -- Komunitas Muslim di Inggris tepatnya di Kota Worcester mengadakan kegiatan amal yang diberi nama The Purpose of Life. Tujuan kegiatan amal ini untuk memberikan dukungan dan teman bicara bagi mereka yang membutuhkan.

Kegiatan yang diadakan Ahad (26/1) ini dibuat untuk menyatukan masyarakat dan membantu orang-orang yang mengalami kesulitan dalam hidup. Pendiri badan amal berbasis komunitas Muslim Midlands ini bernama Saj Hussain. Ia mendirikan badan amal ini sejak lima tahun yang lalu.

Hussain menyebut bantuan yang diberikan terbuka untuk tunawisma dan mereka yang membutuhkan. Bantuan yang diberikan bisa banyak hal, tidak hanya finansial tapi teman bicara untuk mengatasi depresi dan kesepian.

"Beberapa orang yang datang ke kami pernah mencoba melakukan bunuh diri. Ada juga yang berurusan dengan narkoba, alkohol, dan menghadapi hubungan yang buruk. Kami tidak menghakimi," ujar pria berusia 37 tahun ini dilansir di Halesowen News, Senin (27/1).
 
Ia juga menyebut pernah kedatangan seorang pria yang cukup kaya, namun butuh teman untuk berbicara. Ia baru saja kehilangan istrinya dan merasa butuh teman.

Usai mengobrol dengan Hussain dan teman-teman yang lain, pria tersebut membagikan makanan yang ia punya. Ia juga bersikeras memberikan donasi sebesar 10 poundsterling atau sekitar Rp 177 ribu untuk kegiatan berikutnya.

“Di negara maju dan berkembang, kebutuhan itu adalah sifat manusia. Kita semua kadang perlu dukungan moral dari beberapa teman," ujarnya.

Tidak hanya sekadar memberikan bantuan, Hussain dan tim berusaha untuk membangun komunikasi dengan warga sekitar. Untuk itu, ia kerap menyediakan beragam literatur tentang Islam dan menjelaskan apa itu Islam.

Dengan cara ini ia berharap dapat meruntuhkan dinding pembatas antara Muslim di wilayah tersebut dengan masyarakat lainnya. Ia percaya pembatas itu ada karena kurangnya pendidikan.

Kegiatan amal yang digelar di Unity House ini menyediakan tiga hidangan istimewa. Beberapa cemilan lainnya disumbang oleh Asda yang berada di Worcester. Beberapa tukang cukur juga menawarkan potong rambut gratis untuk memeriahkan kegiatan.

Untuk kegiatan ini, Hussain menargetkan kedatangan sekitar 50 orang. Pada akhirnya, jumlah yang datang di bawah angka tersebut.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi tersebut. Bisa karena kondisi cuaca, atau karena kegiatan ini baru pertama kali diadakan.

Kegiatan Purpose of Life ini pernah diadakan pada Desember 2019. Kegiatan tersebut digelar di seluruh daerah Midlands dan mampu memberi makan sekitar 100 orang.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA