Jumat, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 Februari 2020

Jumat, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 Februari 2020

Amanat-Amanat Allah SWT yang Melekat pada Umat Manusia

Rabu 22 Jan 2020 11:45 WIB

Rep: MgRol 127/ Red: Nashih Nashrullah

Allah SWT memerintahkan umat manusia untuk menunaikan amanat. Ilustrasi mendidik anak dengan penguatan agama.

Allah SWT memerintahkan umat manusia untuk menunaikan amanat. Ilustrasi mendidik anak dengan penguatan agama.

Foto: Antara/Mohammad Ayudha
Allah SWT memerintahkan umat manusia untuk menunaikan amanat.

REPUBLIKA.CO.ID, Hidup adalah amanat. Segala hal yang diberikan Allah dalam hidup adalah sesuatu yang dipercayakan-Nya untuk kita jaga dan jalani. Amanat sendiri merupakan akhlak paling mendasar dalam Islam. Namun, patut disayangkan mayoritas orang masih menjalankan amanat dengan setengah hati. 

Baca Juga

Padahal, Allah SWT berfirman dalam surah al-Mu’minun: 8, “Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya.”  

Untuk itu, amanat merupakan hal besar yang nantinya akan dipertanggungjawabkan. Amanat itu tidak bersifat parsial, dia terbentang dari hal yang paling sederhana sampai amanat untuk tidak mengkhianati orang lain yang telah mengkhianatimu.   

Namun, tahukah Anda, ada beberapa amanat yang sifatnya takkan ada habis-habisnya. Pendakwah asal Mesir, Amru Khalid, menjabarkan sejumlah amanat itu dalam bukunya Semulia Akhlak Nabi. Berikut di antara amanat tersebut: 

Mendidik anak 

Jangan mengira bahwa Allah memberikan keturunan bukanlah suatu amanat. Justru, mendidik anak untuk terus berada dalam jalan Allah adalah amanat terbesar yang tidak ada hentinya. Maka, sebagaimana perintah Allah SWT, orang tua harus memberikan pendidikan terbaik sesuai dengan syariat Islam.  

Kesehatan 

Apakah Anda berpikir bahwa kesehatan merupakan amanat yang tidak ada hentinya untuk dilakukan? Untuk itu, jika Anda menyakiti diri Anda sendiri, artinya Anda telah mengkhianati amanat. Seperti merokok, misalnya.  

Mata 

Mata adalah alat indra yang diberikan Allah SWT untuk melihat. Namun, jangan lupakan makna terpendam dari penciptaan mata, yaitu amanat yang harus dijaga. Maka dari itu, gunakanlah mata untuk melihat yang baik-baik. Bukankah melihat yang haram menjadi tindakan mengkhianati amanat?  

Lidah  

Sama halnya dengan mata, lidah pun menjadi salah satu indera untuk mengecap dan tentu tidak terlepas dari sebuah amanat. Untuk itu, gunakanlah lidah untuk berbicara yang baik dan tidak kotor. Sebab, lidah juga akan dimintai pertanggung jawabannya kelak.  

Rambut (mahkota)  

Terakhir adalah rambut. Rambut merupakan mahkota bagi umat Muslim, terutama bagi perempuan. Itulah mengapa Allah memerintahkan wanita untuk menjadikan rambutnya sebagai mahkota dengan menutupinya.   

Itulah yang menjadi bagian dari amanat dalam hidup kita. Untuk itu, marilah jaga amanat dengan baik sebagaimana disampaikan dalam hadis at-Tirmidzi. 

“Pada hari kiamat kedua kaki seorang hamba tidak bergerak sama sekali sampai dia ditanyai tentang empat perkara yaitu tentang umur yang dihabiskannya, tentang masa muda yang diarunginya, tentang hartanya; dari mana mendapatkannya dan ke mana diinfakkannya, serta tentang ilmunya; apa yang diperbuat dengannya.”   

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA