Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Rumah Zakat Bersama Pertamina Gelar Posyandu Lansia

Selasa 14 Jan 2020 17:02 WIB

Red: Gita Amanda

Pertamina bersama Rumah Zakat gelar Posyandu Lansia.

Pertamina bersama Rumah Zakat gelar Posyandu Lansia.

Foto: Rumah Zakat
Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan warga lanjut Usia.

REPUBLIKA.CO.ID, ASAHAN -- Kesehatan merupakan salah satu nikmat terbesar yang jarang disyukuri, padahal kesehatan adalah pondasi utama untuk menjalani kehidupan. Sebab itulah, PT Pertamina Fuel Terminal Kisaran meluncurkan kembali Progam Pendampingan Posyandu Lansia (Lanjut Usia) di Lingk V Kelurahan Kisaran Baru, Kecamatan Kota Kisaran Barat, Kabupaten Asahan.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan warga lanjut Usia, khususnya di Lingk V. Kegiatan Posyandu Lansia ini dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2020 di mulai pukul 09.00 sampai 12.00 yang dihadiri 25 orang lansia. Kegiatan ini diantaranya diawali dengan Senam Lansia, pendaftaran, penimbangan, pencatatan, cek metabolik (tensi, asam urat dan gula darah), penyuluhan dan pemberian makanan tambahan.

Para lansia bersemangat hadir ke Posyandu, semuanya ikut senam lansia, "Senam Jantung Sehat". Walau bercucuran keringat, tetapi tetap semangat. Yang dipandu oleh instruktur senam dan memakai musik.

Baca Juga

"Enak juga ya kan Bu Nurul senam begini, keluar keringat kami," kata seorang ibu.

Setelahnya, saat pemeriksaan metabolik ada beberapa yang kadar asam uratnya tinggi. Bu Bidan juga memberikan solusi untuk itu, salah satunya tidak banyak atau mengurangi makan kacang-kacangan dan tak lupa memberikan resep obatnya.

Kegiatan Posyandu Lansia ini di akhiri dengan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yaitu bubur kacang hijau, jagung rebus dan juga pisang. Nurul juga menambahkan bahwa warga untuk mengikuti program pemerintah, yaitu BPJS Kesehatan.

Menurutnya, hal tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat apabila suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan sehingga bisa meringankan masyarakat dalam hal pembiayaan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA