Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Tujuh Karakter Pahlawan Super Muslim di Komik

Ahad 12 Jan 2020 04:01 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Tujuh Karakter Pahlawan Super Muslim di Komik. Kamala Khan atau yang dikenal dengan nama alias Ms Marvel.

Tujuh Karakter Pahlawan Super Muslim di Komik. Kamala Khan atau yang dikenal dengan nama alias Ms Marvel.

Sebelum Amulet, ada sejumlah karakter pahlawan super di komik terbitan luar negeri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pahlawan super Amulet merupakan tokoh Muslim terbaru dalam komik Marvel. Amulet merupakan keturunan Arab-Amerika dari Dearborn, Michigan.

Dilansir dari The National, Jumat (10/1), berikut ini tujuh pahlawan super Muslim lainnya yang berjuang melawan kejahatan di dunia.

Ms Marvel

Amulet akan bergabung dengan Ms Marvel dalam Magnificent Ms Marvel edisi 1 Maret. Ms Marvel memiliki nama asli Kamala Khan. Ia merupakan warga Amerika keturunan Pakistan berusia 16 tahun. Ms Marvel merupakan Muslim pertama yang menjadi judul buku komik Marvel miliknya. Dia juga menjadi anak dalam poster protes anti-Donald Trump pada 2017.

Tahun lalu, Disney mengumumkan Ms Marvel akan mendapatkan acaranya sendiri di platform streaming hiburan, Disney+. Dia juga akan menjadi karakter yang dapat dimainkan dalam gim petualangan aksi mendatang, Marvel's Avengers.

Kismet, Man of Fate

Kismet, Man of Fate merupakan pahlawan keturunan Aljazair yang muncul pada 1944, selama masa keemasan buku komik. Hanya sedikit yang diketahui tentang asal-usul Kismet.

Kismet tinggal di selatan Prancis sebelum negara itu dikuasai oleh Nazi. Dia kemudian bersembunyi di hutan sampai dia muncul sebagai pejuang perlawanan.

Baca Juga

photo
Kismet (Wikipedia)

Nightrunner

Nightrunner, memiliki nama asli Bilal Alsselah. Pertama kali muncul dalam cerita dua bagian di Detective Comics dan Batman Annual pada 2011. Bilal diciptakan untuk mencerminkan situasi sosial dan politik di proyek-proyek Prancis Clichy-sous-Bois.

Bilal merupakan keturunan Prancis-Aljazair yang dibesarkan oleh seorang ibu tunggal di pinggiran kota Paris. Bilal mengikuti jejak Batman dengan mengenakan topeng Nightrunner setelah temannya dihajar hingga tewas oleh polisi.

photo
NIghrtrunner (wikipedia)

Dust

Seorang anggota X-Men menemukan kemampuan Sooraya Qadir yang dapat berubah menjadi awan debu. Kemampuannya ini muncul setelah seorang pedagang budak berusaha melepaskan pakaian niqabnya. Perempuan yang lahir di Afghanistan ini secara naluriah kekuatannya muncul menjadi debu dan dengan kemampuannya ia melawan seorang pedagang budak tersebut.

Kekuatan mutannya ini menjadi dasar dari nama kode X-Mennya, Dust. Dia saat ini menjadi anggota dari kelompok pahlawan super Marvel, Champions.

photo
Dust (wikipedia)

M

Monet St Croix atau M memiliki kekuatan super. Kekuatannya tersebut memberinya kemampuan mengangkat bus atau menghancurkan lampu jalan seperti tusuk gigi.

Monet bahkan dapat menahan pukulan langsung dari Hulk dan memiliki kemampuan menyembuhkan diri dengan cepat. Dia juga dikenal memiliki kecerdasan tingkat jenius. Dia pertama kali muncul di buku keluarga X-Men pada 1994.

photo
Monet St Croix atau M (wikipedia)

Iron Butterfly

Kahina Eskandari pertama kali muncul di dunia komik DC pada 1994. Dia merupakan warga Palestina yang memiliki kekuatan super membentuk dan mengerakkan logam sesuka hati. Asal-usulnya tidak pasti. Sebagai Iron Butterfly, dia adalah komandan lapangan kelompok superhero, Shadow Cabinet.

photo
Iron Butterfly (International Superheroes)

Simon Baz

Ia berasal dari Dearborn, Michigan. Simon Baz, anggota Muslim pertama dari Green Lantern Corps. Simon Baz keturunan Lebanon-Amerika yang bergabung dengan kepolisian ekstraterestrial pada 2012.

photo
Simon Baz (Wikipedia)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA