Jumat 10 Jan 2020 21:12 WIB

Mantan Presiden dan Mufti Kosovo Masuk Tokoh Berpengaruh

Keduanya masuk daftar 500 Muslim paling berpengaruh di dunia.

Rep: Ali Mansur/ Red: Nashih Nashrullah
Dua tokoh Kosovo masuk daftar 500 Muslim paling berpengaruh di dunia.
Foto: The Gurdian
Dua tokoh Kosovo masuk daftar 500 Muslim paling berpengaruh di dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, PRISTINA – Mantan presiden Kosovo, Atifete Jahjaga dan Mufti Agung Kosovo, Naim Ternava, masuk dalam daftar 500 Muslim paling berpengaruh di dunia oleh Pusat Studi Strategis Islam Kerajaan Yordania. Kedua tokoh dimasukkan ke dalam musukkan ke dalam daftar dengan kategori yang berbeda. 

Pada edisi 2020, Ternava paling berpengaruh untuk perannya dalam pembentukan Organisasi Dewan Antaragama untuk Hubungan Antaragama. Sedangkan Jahjaga telah diurutkan dalam daftar ini untuk peran politiknya.  

Baca Juga

“Jahjaga adalah presiden wanita termuda dan pertama Kosova dari 2011 hingga 2016. Setelah mendapatkan gelar sarjana hukum dari Universitas Prishtina pada tahun 2000, dan melanjutkan studinya di Inggris dan Amerika Serikat. Kemudian bertugas di berbagai posisi pemerintahan termasuk pangkat Mayor Jenderal untuk Polisi Kosovo, ”demikian seperti dikutip oleh Gazeta express, Jumat (10/1).  

Ternava diakui dalam daftar ini sebagai tokoh agama terkemuka di Kosovo, yang muncul setelah perang etno-religius yang mengakibatkan hilangnya banyak nyawa dan kehancuran. Ternava adalah tokoh kunci dalam upaya populasi Muslim di negara itu untuk mengatasi kengerian perang.   

 

"Dia berperan penting dalam pembentukan Organisasi Dewan Antaragama untuk Hubungan Antaragama, ” kata Pusat Studi Strategis Islam Kerajaan Yordania.  

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement