Sabtu 28 Dec 2019 07:03 WIB

Indonesia Mendongeng Semarakkan Desa Berdaya Jember

Rumah Zakat kerja sama dengan takmir masjid dan pengelola TPQ Al Hikmah.

Rumah Zakat dukung Indonesia Mendongeng 7 di Desa Berdaya Suci, Jember.
Foto: Rumah Zakat
Rumah Zakat dukung Indonesia Mendongeng 7 di Desa Berdaya Suci, Jember.

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Kabupaten Jember adalah salah satu dari 54 titik yang diadakan agenda Indonesia Mendongeng 7 secara serentak se-Indonesia. Pada tahun 2019 ini, Relawan Rumah Zakat Cabang Jember selaku penanggung jawab agenda bekerja sama dengan Fasilitator Desa Berdaya mengadakan agenda tersebut di Desa Berdaya Suci. Masjid Baitul Muttaqin dipilih sebagai tempat acara yang berada di dukuh Krajan, desa Suci, Kecamatan Panti, pada Rabu (25/12).

Rumah Zakat kerja sama dengan takmir masjid dan pengelola TPQ Al Hikmah untuk mensukseskan agenda tersebut. Indonesia Mendongeng 7 yang mengusung tema "Silaturahmi Akbar Santri TPQ se Nusantara 2019" juga turut mengundang beberapa TPQ di desa Serut dan Panti yakni TPQ Masjid Sirojudin, Nurul Jadid, dan Al Mukminun, sebanyak 168 santri hadir.

Baca Juga

Agenda Indonesia Mendongeng 7 diawali dengan tilawah bersama santri dan undangan yang hadir. Acara seremonial dibuka oleh Kepala Desa Suci, H. Achmad Suyuthi, M.Pd.I., kemudian dilanjutkan dengan rangkaian agenda lomba dan edukasi kebencanaan. Lomba yang diikuti santri dari TPQ undangan meliputi lomba mewarnai, tartil, tilawah, tahfidz, dan adzan. Sementara itu, edukasi kebencanaan diberikan oleh Relawan Rumah Zakat dan Relawan Destana Desa Suci.

Agenda kemudian dilanjutkan dengan sesi mendongeng yang terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama mendongeng diisi oleh Zahro, pemenang sayembara mendongeng 2019 dengan judul "Gajah yang Baik". Sesi kedua diisi oleh pendongeng utama yaitu Rini dengan judul "Raka Sakit Perut".

 

Selain rangkaian lomba, edukasi dan mendongeng, agenda juga diselingi dengan cek kesehatan gratis bagi wali murid dan pendamping TPQ yang turut hadir di tempat acara. Beberapa tenaga kesehatan turut menjadi relawan dalam acara ini.

photo
Rumah Zakat dukung Indonesia Mendongeng 7 di Desa Berdaya Suci, Jember.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement