Kamis 26 Dec 2019 23:58 WIB

Pemkab Serang Upayakan Peningkatan Bantuan Pesantren

Bantuan untuk pesantren di Serang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Pemkab Serang berkomitmen meningkatkan bantuan untuk pesantren. Foto ilustrasi pesantren.
Foto: Antara/Arief Priyono
Pemkab Serang berkomitmen meningkatkan bantuan untuk pesantren. Foto ilustrasi pesantren.

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG— Pemerintah Kabupaten Serang, Banten terus mendukung pendidikan Islam yang berlangsung di setiap pondok pesantren, salah satunya dengan terus meningkatkan program bantuan pembangunan ponpes setiap tahun.

“Pada 2020 ada 20 pondok pesantren yang mendapatkan bantuan bangunan,” kata Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, saat meresmikan Pondok Pesantren Baitul Ulum El Musawwa di Kecamatan Kramatwat,, Kabupaten Serang Banten, Kamis (26/12).

Baca Juga

Bantuan keagamaan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Serang untuk ponpes setiap tahun meningkat. Pada 2017 hanya satu ponpes, 2018 sebanyak lima ponpes, dan tahun 2019 meningkat sebanyak 13 ponpes. Kemudian pada 2020 direncanakan diberikan bantuan untuk 20 ponpes.

Tatu berharap, program tersebut akan bermanfaat meski kebutuhan sarana dan prasarana ponpes masih banyak, termasuk di Ponpes Baitul Ulum El Musawwa.

“Saya rasa dengan keterbatasan anggaran yang ada, bismillah Pemda bisa berbuat. Semoga semua ponpes di 29 kecamatan mendapatkan bantuan, setelah itu kita ulang lagi bantuan seterusnya,” tegas Tatu.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Tata Bangunan Pendidikan pada Dinas Permukiman Kawasan Perumahan dan Tata Bangunan (DPKPTB) Kabupaten Serang, Deni Hartono, menjelaskan pada 2019 bantuan untuk 13 ponpes sudah selesai dilaksanakan. “Untuk anggarannya rata-rata Rp200 juta setiap bangunan,” ujarnya.

Bantuan tersebut, kata Deni, berdasarkan pengajuan proposal yang diajukan pada tahun sebelumnya. Sedangkan peruntukannya sudah tercatat diproposal dan sudah diverifikasi.

“Jadi bantuannya bukan hanya untuk majelis taklim, ada juga yang buat kamar santri, ruang kelas, dan lainnya, yang sifatnya untuk kegiatan keagamaan,” jelasnya.

Ketua DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Serang, Dimo Tono Sumito mengapresiasi kepedulian Pemkab Serang kepada ponpes di Kabupaten Serang. "Kami berterima kasih kepada seluruh pihak, terutama kepada Pemerintah Kabupaten Serang yang selalu bersinergi dan sejalan dengan kami," ujarnya.

 

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement