Kamis 26 Dec 2019 17:37 WIB

Panitia Matangkan Perhelatan Dzikir Nasional 2019

Dzikir Nasional Republika diselenggarakan setiap tahun.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Jemaah berdoa bersama dalam pengajian majelis taklim yang merupakan rangkaian acara Dzikir Nasional oleh HU Republika di Masjid Attin, TMII, Jakarta.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Jemaah berdoa bersama dalam pengajian majelis taklim yang merupakan rangkaian acara Dzikir Nasional oleh HU Republika di Masjid Attin, TMII, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA --- Republika akan menggelar Festival Republik dan Dzikir Nasional 2019 di Masjid At Tin, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Festival Republik dan Dzikir Nasional ini akan berlangsung pada 27-31 Desember 2019. Menurut ketua panitia pelaksana Festival Republik dan Dzikir Nasional, Arul Busyro, persiapan gelaran Festival Republik dan Dzikir Nasional sudah mencapai 90 persen. Bahkan, para tokoh dan tamu undangan serta para penceramah yang akan mengisi Dzikir Nasional dipastikan akan hadir. 

"Untuk persiapannya kita sudah 90 persen ya, bukan cuma Dzikir Nasional, tapi juga Festival Republik juga sudah siap. Tinggal nanti bagaimana memfasilitasi jamaah, bagaimana event bisa terlaksana dengan baik dan sesuai tujuan kita untuk meraih kebaikan dengan hal yang positif di malam pergantian tahun," kata Arul seusai menggelar rapat panitia pelaksana Festival Republik dan Dzikir Nasional di kantor harian Republika pada Kamis (26/12). 

Baca Juga

Arul juga memastikan, pada malam puncak, yakni Dzikir Nasional akan dihadiri langsung oleh Menteri Agama Fachrul Razi. Selain itu, Arul mengatakan, para penceramah yang akan mengisi tausiyah dipastikan akan hadir. Di antaranya Sekjen PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti, Ketua Komisi Dakwah MUI KH Cholil Nafis, Pimpinan Majelis Az-Zikra Ustaz Abdul Syukur, Habib Jindan, Ustaz Cholidi, dan Ustazah Mama Dedeh. Selain itu, ada juga Ketua Dewan Syuro Takmir Masjid Jogokariyan Ustaz Muhammad Jazir dan Ustaz Bobby Herwibowo.

Menurut Arul, Festival Republik yang dimulai Jumat (27/12) akan dimeriahkan dengan berbagai acara seperti bazar buku, bazar busana, layanan kesehatan, donor darah, musik dan hiburan Islami, talk show, hingga pameran kuliner halal. Menurut Arul, ada yang berbeda dari Festival Republik dan Dzikir Nasional yang digelar Republika untuk ke-18 kalinya itu. Untuk tahun ini, jamaah yang hadir di Dzikir Nasional 2019 mempunyai kesempatan untuk memenangkan undian umrah gratis yang dipersembahkan salah satu sponsor Dzikir Nasional 2019, yakni NRA Travel. Hadiah umrah akan diberikan untuk satu orang jamaah. 

"(Undian umrah) ini akan disampaikan pada malam puncaknya, tanggal 31 saat Dzikir  Nasional," ujarnya. 

Lebih lanjut, Arul menjelaskan, Dzikir Nasional tahun ini mengangkat tema "Membangun Generasi Indonesia yang Unggul". Menurut Arul, melalui tema itu, harapannya dapat menjadi motivasi untuk mendorong kemajuan bagi generasi bangsa baik di bidang ekonomi, sumber daya, maupun yang terpenting dalam beragama. 

"Setiap tahunnya Dzikir Nasional Republika menjadi istimewa, dan ini sudah ke-12 kalinya. Dengan tema yang kami angkat ini, harapannya terutama bisa membangun bagi internal kita generasi yang lebih unggul terutama dalam religinya," kata Arul. 

Sementara itu, Dzikir Nasional yang digelar Republika tak hanya berlangsung di Masjid At Tin, Jakarta. Pada malam pergantian tahun baru Masehi nanti, Republika juga menggelar dzikir nasional di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Untuk lokasinya gelaran Dzikir Nasional di Jawa Barat berlangsung di Masjid Pusdai Bandung sedang pelaksanaan Dzikir Nasional di Jawa Tengah berlangsung di Masjid Jogokariyan Yogyakarta.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement