Kamis 26 Dec 2019 12:10 WIB

Warga Gelar Shalat Gerhana di Masjid Jami Matraman

Warga Matraman menunaikan shalat gerhana matahari pukul 11.00 WIB.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah Masjid Jami Matraman mendengarkan penjelasan tentang cara shalat Gerhana Matahari sebelum melakukan shalat, Kamis (26/12).
Foto: Republika/Umar Mukhtar
Jamaah Masjid Jami Matraman mendengarkan penjelasan tentang cara shalat Gerhana Matahari sebelum melakukan shalat, Kamis (26/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puluhan warga berduyun-duyun mendatangi Masjid Jami Matraman di Matraman, Jakarta Timur, Kamis (26/12). Mereka hendak melaksanakan shalat gerhana matahari atau shalat Kusuf di masjid tersebut.

Warga mulai berdatangan sekitar pukul 10.00 WIB, dengan menggunakan peci, sarung, dan baju koko serta ada pula yang mengenakan gamis. Takbir, tahlil, dan tahmid pun dikumandangkan di masjid ini.

Baca Juga

Pengurus masjid juga aktif mengajak warga sekitar untuk bersama-sama menunaikan shalat Kusuf dengan memakai pengeras suara. Setelah berkumpul di masjid, jamaah diberikan pengetahuan oleh pengurus masjid tentang bagaimana cara melaksanakan ibadah shalat Kusuf. Kemudian jamaah melakukan shalat Kusuf tepat pada pukul 11.00 WIB.

Salah seorang jamaah, Ridwan Rifaldi, mengaku sengaja datang ke Masjid Jami Matraman untuk menunaikan shalat Kusuf sebagai wujud takjub atas kebesaran Allah SWT yang ditunjukkan melalui fenomena alam gerhana matahari.

"Apalagi (gerhana matahari) ini kan jarang banget terjadi ya. Katanya ini langka. Ya renungan kita atas kebesaran Allah. Ya sudah kita shalat di sini," kata dia kepada Republika.co.id.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement