Ahad 22 Dec 2019 07:42 WIB

Global Wakaf Distribusikan 300 Karton Air Mineral Wakaf

Global Wakaf mendistribusikan Air Minum Wakaf yang bersumber di Pasuruan.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Lembaga kemanusiaan ACT dan Global Wakaf Foundation meluncurkan lumbung air wakaf dan air minum wakaf gratis di Tanjungtirto, Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim).
Foto: Republika/Wilda Fizriyani
Lembaga kemanusiaan ACT dan Global Wakaf Foundation meluncurkan lumbung air wakaf dan air minum wakaf gratis di Tanjungtirto, Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Global Wakaf mendistribusikan Air Minum Wakaf yang bersumber dari Lumbung Air Wakaf di Pasuruan, Kamis (19/12). Setelah sebelumnya di simpan di Waqf Distribution Center di Malang, ratusan karton air mineral ini didistribusikan ke berbagai kota di Jawa timur (Jatim), termasuk ke Pesantren Al Hamdaniyah di Sidoarjo.

Kepala Tim Program Global Wakaf - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jatim, Dipo Hadi mengatakan, di hari pertama pendistribusian Air Minum Wakaf, sebanyak 300 karton air mineral diberikan untuk warga Sidoarjo. Pesantren Al Hamdaniyah sendiri mendapatkan 100 karton.

Baca Juga

"Bantuan Air Minum Wakaf juga diharapkan menjadi sarana bagi para santri untuk bisa lebih memahami tentang wakaf. Wakaf tidak hanya sebatas tentang tanah, makam dan bangunan, tapi juga bisa ke hal-hal lain yang bisa bermanfaat," kata Dipo, dari laman ACT.

Selain di Sidoarjo, Air Minum Wakaf juga didistribusikan ke kota lain, seperti Madiun dan Jember. Tim Global Wakaf, Mochammad Nurul Ramadhan menjelaskan, ribuan karton air mineral ini akan segera dibagikan ke berbagai penerima manfaat, khususnya yang masih prasejahtera.

"Setelah dikemas di Lumbung Air Wakaf, air minum ini disimpan sementara di Waqf Distribution Center sebelum nantinya akan dikirim ke berbagai penjuru negeri," kata Nurul.

Sebelumnya, Rabu (18/12) lalu, Global Wakaf meluncurkan program Air Minum Wakaf di kompleks pergudangan yang ada di Singasari, Kabupaten Malang. Sumber air berasal dari Lumbung Air Wakaf di Pasuruan, Jatim. Air Minum Wakaf diproduksi tidak untuk diperjual-belikan, akan tetapi akan diberikan secara gratis ke lembaga-lembaga atau masyarakat yang masih prasejahtera

Di samping itu, sejarah panjang terjadi di Pesantren Al Hamdaniyah yang ada di Sidoarjo, tempat pendidikan agama Islam tersebut juga tak pernah sepi dari santri. Pada Kamis, ketika tim ACTNews menyambangi Pesantren Al Hamdaniyah, puluhan santrinya sedang melakukan berbagai aktivitas di lingkungan pesantren.

Pesantren Al Hamdaniyah merupakan salah satu pesantren tertua di Jawa Timur. Pendiri Nahdatul Ulama Kyai Hasyim As’ari juga pernah mengenyam pendidikan di sini. Berdiri sejak 1787, pesantren ini tak hanya melahirkan kyai besar, tapi juga jadi saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia merebut kemerdekaan.

"Tempat ini juga jadi tempat pertemuan berbagai tokoh di masa perjuangan kemerdekaan," ucap salah satu pengurus pesantren, Gus Hasyim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement