Ahad 15 Dec 2019 13:45 WIB

JK: Masjid Kampus Berperan Tingkatkan Perekonomian Umat

Masjid kampus juga memiliki peran strategis dalam membentuk karakter mahasiswa.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Teguh Firmansyah
Wakil Presiden RI 2004-2009 dan 2014-2019 Jusuf Kalla.
Foto: Republika/Mimi Kartika
Wakil Presiden RI 2004-2009 dan 2014-2019 Jusuf Kalla.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla (JK) mengatakan, masalah kronis yang perlu diperhatikan di Indonesia adalah persoalan ekonomi.

Untuk itu, menjadi tugas semua kalangan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui masjid, terutama masjid kampus.

Baca Juga

Menurutnya, masjid kampus dapat dikembangkan dengan tidak hanya sebagai tempat beribadah. Namun juga dapat meningkatkan perekonomian umat.

"(Masjid kampus) juga dapat meningkatkan kecerdasan dan keimanan serta meningkatkan perekomian umat,” kata JK dalam acara Workshop dan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI), di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Sabtu (14/12).

 

Selain itu, masjid kampus memiliki peran strategis dalam membentuk dan membangun karakter mahasiswa untuk peradaban Indonesia. Masjid kampus, lanjutnya, juga sebagai tempat permusyawaratan untuk meningkatkan iman bagi mahasiswa dan dosen "Serta mengabdi kepada umat melalui pembelajaran akidah pada masyarakat," ujarnya.

Untuk itu, tugas masjid kampus yakni mendorong umat dengan mendatangkan pengusaha sukses yang disekitar masjid. Sehingga, kata JK, dapat berbagi pengalaman dalam berdagang serta memunculkan motivasi masyarakat untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship.

"Harapannya, masjid kampus merupakan masjid perjuangan dengan melibatkan lebih banyak mahasiswa generasi muda yang ikut memakmurkan dan mengurus masjid,” katanya.

Ia menjelaskan, DMI memiliki moto yakni memakmurkan dan dimakmurkan masjid. Artinya, kehadiran masjid di kalangan masyarakat untuk membawa kemakmuran bagi kemaslahatan umat.

"Masjid memiliki makna dalam kemajuan ekonomi dan sosial. Oleh karena itu penting untuk memajukan masjid,” ujarnya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement