Rabu, 4 Jumadil Akhir 1441 / 29 Januari 2020

Rabu, 4 Jumadil Akhir 1441 / 29 Januari 2020

Lima Fitrah yang Harus Diperhatikan dalam Pendidikan Anak

Kamis 12 Des 2019 18:26 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah

Lima Fitrah yang Harus Diperhatikan dalam Pendidikan Anak. Foto ilustrasi anak belajar.

Lima Fitrah yang Harus Diperhatikan dalam Pendidikan Anak. Foto ilustrasi anak belajar.

Foto: Republika/ Wihdan
Pendidikan yang baik membuat anak bertambah keyakinan akan agamanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Asosiasi Yayasan Pendidikan Islam (AYPI) Mirdas Eka Yora menyebut ada lima fitrah yang harus diperhatikan dalam pendidikan. Fitrah yang pertama, pendidikan harus menargetkan agama tetap terjaga.

Dalam memberikan ilmu pengetahuan, keimanan dan ilmu akan agama tidak boleh ketinggalan. Agama menghasilkan adab yang menjadi bekal bagi pelajar menjalani kehidupan sehari-harinya.

Fitrah kedua, pendidikan menjaga kesehatan jiwa setiap manusia. Selanjutnya, menjaga pertumbuhan akal yang sehat. Keempat, pendidikan menjaga garis keturunan yang sah, dan kelima mampu menghadirkan kesejahteraan.

"Pendidikan yang baik membuat anak bertambah keyakinan akan agamanya. Amanah dalam Islam, agama harus tetap terjaga. Anak melihat orang tua rajin shalat, anak akan mengikuti. Dalam menghadapi industri 4.0, tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika adabnya terjaga dan tumbuh," ujarnya dalam kegiatan Seminar Nasional Pendidikan Berbasis Fitrah di Gedung Puskurbuk Balitbang Kementerian Pendidikan, Kamis (12/12)..

Adab dan karakter disebut Mirdas sebagai dua hal yang berbeda. Karakter bisa dimunculkan tanpa agama. Sementara adab bersumber dari agama.

Baca Juga

Dalam konsep pendidikan Islam, akses pendidikan adalah untuk semua. Ilmu merupakan dasar dari sebuah peradaban. Jenjang ilmu ini tidak ada batasannya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA