Kamis 12 Dec 2019 17:57 WIB

Silaturahim ke Krapyak, Menag Sebut 3 Keunggulan Santri

Menag menyatakan santri mempunyai keunggulan dari pelajar lain.

Rep: Silvy Dian Setiawan / Red: Nashih Nashrullah
Menag Fachrul Razi mengajak santri mengoptimalkan potensi mereka.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Menag Fachrul Razi mengajak santri mengoptimalkan potensi mereka.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL – Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi, mengatakan ada tiga kelebihan yang dimiliki santri dari pada pelajar lain. Menurutnya, keunggulan santri ada pada sehat, cerdas, dan amanah.   

Hal tersebut disampaikan Fachrul saat bersilaturahim ke Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak, Bantul, Kamis (12/12). Di sana, Fachrul juga memberikan pembekalan kepada seluruh santri.   

Baca Juga

"Satu, dia pasti lebih sehat, karena dia bangun subuh tiap subuh hari. Kedua dia pasti cerdas karena dia banyak menerima ilmu. Tidak hanya ilmu umum, tapi juga ilmu agama," katanya di Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak, Bantul, Kamis (12/12).  

Sementara itu, kelebihan ketiga yang dimiliki santri yakni amanah. Santri, katanya, membawa titipan dari orang tua, pesantren dan bangsa.   

Untuk itu, dia menekankan kepada seluruh santri untuk dapat membentengi diri sejak berada di pesantren. Sebab, di pesantren merupakan tempat santri digembleng untuk menjadi pemimpin bangsa.  

"Saya ingatkan bahwa kalian di sini berada di tengah-tengah orang baik. Tiap hari bertemu teman dan Kiai yang baik-baik. Setelah keluar, kalian akan banyak bertemu orang jahat atau mengajak kita untuk jahat. Jadi bentengi diri kalian," ujarnya. 

Dia menekankan agar santri memiliki tekad yang kuat untuk menjadi pemimpin. Tentu pemimpin yang cerdas dan bisa merangkul semua masyarakat.  

Fachrul berharap, santri dapat menerapkan dan meniru cara kepemimpinan Rasulallah SAW. "Saya suka mencontoh Rasulullah. Beliau pemimpin yang sangat cerdas sekali, punya kepemimpinan yang luar biasa," ujarnya.  

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement