Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Doa Meminta Kesembuhan dari Penyakit yang Kerap Dibaca Rasul

Kamis 12 Dec 2019 04:50 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Rasulullah menganjurkan kepada umatnya untuk memanjatkan doa saat sakit. Foto: ilustrasi orang yang tengah dirawat karena sakit.

Rasulullah menganjurkan kepada umatnya untuk memanjatkan doa saat sakit. Foto: ilustrasi orang yang tengah dirawat karena sakit.

Foto: Republika/Prayogi
Rasulullah SAW membaca doa minta kesembuhan kepada Allah SWT.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Sejatinya setiap penyakit yang diderita seorang Muslim taat merupakan ujian kesabaran dari Allah SWT. Manusia pun diperintahkan untuk berikhtiar mencari jalan untuk kesembuhannya. Dewasa kini telah banyak dokter atau ahli medis dengan berbagai keahlian sesuai bidangnya yang bisa menjadi rujukan seseorang ketika mengalami sakit. 

Selain itu kini telah banyak obat hingga vitamin yang bisa didapatkan dengan mudah di apotek. Ragam alat dan teknologi untuk pengobatan kini semakin berkembang.  Sehingga orang yang mengalami sakit pun tak kesulitan mencari jalan untuk kesembuhannya.   

Namun demikian, bagi seorang Muslim wajib hukumnya meyakini bahwa segala kesembuhan atas setiap penyakit datangnya dari Allah SWT. Sebab  banyak juga orang-orang yang sakit dan telah berusaha mencari jalan kesembuhan melalui upaya media hingga menghabiskan miliaran rupiah namun tak kunjung juga sembuh dari penyakitnya. Semuanya karena izin Allah SWT dzat yang Maha Menyembuhkan. 

Baca Juga

Sebab itu bagi seorang Muslim ketika mengalami sakit selain berikhtiar melalui medis dan mengonsumsi obat yang paling utama adalah berserah diri pada Allah SWT. Seraya memohon kepada-Nya memberikan kesembuhan atas penyakit yang diderita. 

Rasulullah SAW mengajarkan sebuah doa bagi siapa saja yang mengalami sakit agar Allah SWT segera mengangkat penyakitnya dan memberikan kesembuhan. Doa ini pun dapat ditemukan pada hadits Nabi Muhammad dalam Sahih al-Bukhari nomor 5309. 

Berikut doa yang dipanjatkan Rasulullah: 

اللّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذهِبِ البَأسَ اشفِ أَنتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاوءُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

“Allahumma Rabban nasi, adzhibil ba’sa isyfi anta asy-syafi la syifa’a illa syifauka syifaan la yughadiru saqman.”

Artinya: Ya Allah Tuhannya manusia, hikanhkanlah rasa sakit ini sembuhkan lah, engkau dzat Yang Maha Penyembuhan, tak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, yaitu kesembuhan yang tak meninggalkan rasa sakit. 

Doa ini juga terdapat dalam hadis Muslim. Bahkan pada hadis Muslim nomor 4062 dijelaskan Rasul membacakan doa tersebut ketika menjenguk orang yang sakit. 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA