Rabu 11 Dec 2019 23:46 WIB

ACT Lampung Gandeng PDAM Pasok Air Bersih ke Warga

PDAM Way Rilau mendukung ACT dalam memberikan air bersih.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Dwi Murdaningsih
ACT Lampung gandeng PDAM Way Rilau mendistribusikan air bersih ke pemukiman warga terdampak kekeringan, Selasa (10/12).
Foto: dok. ACT Lampung
ACT Lampung gandeng PDAM Way Rilau mendistribusikan air bersih ke pemukiman warga terdampak kekeringan, Selasa (10/12).

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDAR LAMPUNG – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Lampung menggandeng PDAM Way Rilau mendistribusikan air bersih ke pemukiman warga yang terdampak kekeringan, Selasa (10/12). Warga Susunan Baru, Tanjungkarang Barat, Kota Bandar Lampung mendapat pasokan lagi air bersih.

Humanity Water Tank (HWT) Global Zakat - ACT Lampung) mendapat bantuan air bersih dari PDAM Way Rilau Bandar Lampung sebanyak 8.000 liter. Air bersih tersebut disalurkan kepada warga di Lingkungan I RT 06, Kelurahan Susunan Baru. Kampung warga tersebut dikenal berbatuan, sehingga kesulitan mendapatkan air dari sumur-sumur, apalagi sungai di musim kemarau ini.

Baca Juga

Salah satu solusi yang dapat ditempuh yakni penyaluran air bersih, untuk merespon sulitnya warga mengakses air bersih di wilayah tersebut. Selain kontur wilayanya berbatuan, pemukiman warga berada di dataran tinggi. Hujan yang mengguyur deras di kota itu belum mencukupi kebutuhan air bersih warga setempat.

Menurut Kabag Humas PDAM Way Rilau Bandar Lampung Agung Purnama,  PDAM sangat mendukung penuh program sosial dari ACT Lampung. Hal ini karena sudah ada imbauan dari Wali Kota Bandar Lampung Herman HN untuk memudahkan akses air bersih bagi masyarakat yang kekurangan air bersih.

 

Menurutnya, distribusi air bersih yang dilakukan HWT selaras dengan program wali kota dalam memenuhi kebutuhan masyarakat yang kekurangan air saat musim kemarau ini. Untuk itu, PDAM Way Rilau akan selalu mendukung penuh kegiatan penyaluran air bersih dari ACT Lampung.

“Kedepan diharapkan dapat terus bekerjasama untuk masyarakat yang kekurangan air bersih dan dalam hal sosial,” katanya dalam keterangan persnya yang diterima, Rabu (11/12).

Kepala Program ACT Lampung Arief Rakhman mengapresiasi kehadiran  HWT di Provinsi Lampung. HWT didatangkan langsung dari Jakarta untuk melakukan ekspedisi Pulau Sumatra. Setelah menyapa masyarakat Lampung rencananya HWT akan melanjutkan perjalanan ke Sumatra Selatan hingga Aceh.

Arief mengatakan, kolaborasi kemanusiaan dengan PDAM Way Rilau sangat memudahkan gerak Global Zakat – ACT Lampung menyediakan air bersih untuk masyarakat yang membutuhkan di Bandar Lampung. Pada hari pertama HWT menyambangi warga Susunan Baru sebanyak dua titik dan hari kedua di Bakung.

“Humanity Water Tank merupakan armada penyedia air bersih yang diterjunkan di lokasi bencana maupun daerah yang kesulitan air bersih,” ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement