Sunday, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 January 2020

Sunday, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 January 2020

CIDE NSW Gelar Presentasi Akhir Tahun TPA di Sydney

Rabu 11 Dec 2019 05:32 WIB

Red: Irwan Kelana

CIDE NSW mengadakan kegiatan akhir tahun  Taman Pendidikan Anak-Anak (TPA) di Sydney, Australia.

CIDE NSW mengadakan kegiatan akhir tahun Taman Pendidikan Anak-Anak (TPA) di Sydney, Australia.

Foto: Dok CIDE-NSW
Acara itu diikuti anak-anak dan remaja, usia 4 tahun hingga 15 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY --Komunitas Muslim Indonesia  di Australia yang tergabung dalam Centre for Islamic Dakwah and Education (CIDE) New South Wales --disingkat   CIDE NSW -- Sydney, mengakhiri tahun 2019  dengan presentasi Taman Pendidikan Anak-Anak (TPA) di dua tempat. Hal tu sekaligus menyambut berkembangnya umat Muslim di seluruh dunia, khususnya di Negeri Kangguru Sydney, Australia.

Lebih dari 130 anak dan remaja Indonesia di Sydney   ikut berpartisipasi dalam acara yang digelar pada 7 dan 8 Desember 2019 pekan lalu.  “Mulai dari umur 4 tahun sampai dengan 15 tahun serta para orang tua, ikut meramaikan acara akhir tahun,” kata Presiden CIDE NSW, Herman Rahman melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (9/12).

photo
Kegiatan presentasi akhir tahun TPA di Masjid Tempe.

Madrasah Masjid Al Hijrah  -- yang dikenal juga dengan Masjid Tempe --  mengadakan berbagai macam kegiatan di antaranya lomba tarik tambang, barbeque (BBQ)  dan silaturahim. Rencana lokasi semula tempat kegiatan tersebut adalah  sebuah taman dekat dengan masjid. 

Karena kondisi udara berasap tebal akibat kebakaran hutan di sekitar New South Wales (NSW),  mereka akhirnya memindahkan lokasi acara ke Masjid Tempe. “Walaupun demikian, ini tidak mengurangi kegembiraan dan keceriaan anak-anak,” ujar Herman.

Sementara itu, TPA CIDE Academy yang berjarak lebih dari 50 km dari kota arah barat melakukan kegiatan yang sama untuk mengapresiasi kegiatan anak-anak di luar sekolah yang di adakan setiap hari Ahad itu.

Herman mengutarakan, pendidikan anak-anak tentang Islam itu penting, terutama di negara yang mayoritasnya non-Muslim. "Mudah-mudah kedua fasilitas yang dibina oleh CIDE NSW dapat bermanfaat bagi generasi penerus.  Tidak hanya untuk  Muslim asal Indonesia, tetapi juga untuk  orang Islam dari berbagai negara,”  tuturnya.

photo
Pemenang presentasi akhir tahun TPA yang diadakan oleh CIDE-NSW di Sydney.
Presentasi tersebut ditutup dengan pemberian penghargaan kepada anak-anak yang unggul di dalam kelasnya. Penghargaan juga diberikan  kepada guru-guru yang senantiasa berkomitmen untuk mengajar setiap pekan.

“Insya Allah, TPA akan dimulai lagi tahun depan dengan berbagai kurikulum terkait pengetahuan Islam,” ujarnya seraya menambahkan, mereka yang berminat dapat  menghubungi pengurus di info@cide.org.au.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA