Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Soal Hukum Fikih Bantuan Dana Pemerintah tak Sesuai Nominal

Sabtu 07 Dec 2019 06:00 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Praktik memotong dana bantuan pemerintah kerap terjadi di masyarakat. Foto ilustrasi bangunan sekolah yang kurang dana.

Praktik memotong dana bantuan pemerintah kerap terjadi di masyarakat. Foto ilustrasi bangunan sekolah yang kurang dana.

Foto: Republika/Ijal Rosikhul Ilmi
Memotong dana bantuan pemerintah haram hukumnya.

REPUBLIKA.CO.ID, Sering kita jumpai sumbangan yang diberikan pemerintah dan lain sebagainya kepada unit pendidikan, pondok pesantren dan lain sebagainya, terjadi perbedaan antara jumlah sumbangan yang tertulis dengan yang diterima.

Baca Juga

Bagaimana hukumnya menulis atau menandatangani penerimaan sumbangan (misal Rp 100 juta), padahal uang yang diterima kurang dari jumlah tersebut?

Mengutip hasil Bahtsul Masail PCNU Jombang ke-I, pada 30 Maret 2003 di Masjid Kauman Utara Jombang, disimpulkan sebagai berikut:    

1. Tidak boleh, jika masih mungkin untuk mendapatkan haknya tanpa memanipulasi data nominal yang disumbangkan.

2. Boleh, jika memang memanipulasi data merupakan satu-satunya jalan untuk memperoleh haknya dan bagi yang memberi hukumnya haram.

Pendapat di atas merujuk sejumlah referensi sebagai berikut yaitu:  

a). Is’adul Rafiq: II/77

اسعاد الرفيق الجزء الثاني ص 77

وَمِنْهَا اْلكَذِبُ وَهُوَ عِنْدَ اَهْلِ السُّنَّةِ الاِخْبَارُ بِالشَّيْئِ فِي خِلاَفِ اْلوَاقِعِ بِخِلاَفِ مَا هُوَ سَوَاءٌ عَلِمَ ذَلِكَ وَ تَعَمَّدَهُ اَمْ لاَ وَ اَمَّا اْلعِلْمُ وَالتَّعَمَّدُ فَهُوَ شَرْطَانِ مِنَ اْلاِثْمِ.

Artinya: Di antaranya adalah berbohong, menurut Ahlussunnah berbohong adalah mengabarkan sesuatu tidak sesuai dengan kenyataannya. Berbeda dengan mengabarkan sesuatu yang sesuai dengan kenyataannya ini tidak dinamakan berbohong, baik dia mengertinya dan disengaja maupun tidak.

b). Sulam al-Taufiq: 105

سلم التوفيق 105

وَمِنْهَا كِتَابَةُ مَا يَحْرُمُ عَنِ النُّطْقِ بِهِ قَالَ اْلبِدَايَة لاَنَّ اْلقَلَمَ اَحَدُ اللِّسَانِ اَيْ مُنْغِيْبَة وَغَيْرِهَا فَلاَ يُكْتَبُ بِهِ مَا يَحْرُمُ النُّطْقُ مِنْ جَمِيْعِ مَا مَرَّ

Artinya: Di antara dosa yang lain adalah menulis sesuatu yang haram diucapkan. Pengarang kitab al-Bidayah berkata: karena pena itu salah satu media lisan, jadi sudah dianggap cukup, dan lain sebagainya. Jadi setiap sesuatu yang haram diucapkan haram pula ditulis. 

c). Ihya’ al-‘Ulumud Din: III/135

احياء علوم الدين الجزء الثالث ص 135

فَكُلُّ مَقْصُوْدٍ مَحْمُوْدٍ يُمْكِنُ التَّوَصُّلُ اِلَيْهِ بِالصِّدْقِ وَاْلكَذِبِ جَمِيْعًا فَالكَذِبُ فِيْهِ حَرَامٌ وَاِنْ اَمْكَنَ التَّوَصُّلُ اِلَيْهِ بِاْلكَذِبِ دُوْنَ الصِّدْقِ فَالْكَذِبُ فِيْهِ مُبَاحٌ اِنْ كَانَ تَحْصِيْلُ ذَلِكَ القَصْد مُبَاحًا

Artinya: Setiap maksud yang terpuji yang bisa dicapai dengan jalan benar dan bohong sekaligus, maka berbohong hukumnya haram. Tetapi jika bisa tercapai lewat berbohong dan tidak tercapai lewat kejujuran, maka berbohong diperbolehkan jika untuk mencapainya diperbolehkan. 

Catatan: 

a).Tafsil di atas berlaku bagi penerima sedangkan bagi yang memerintahkan menulis hukumnya haram. 

b). Bagi pihak penerima meskipun ada yang membolehkan dalam kondisi terpaksa, seyogianya tidak melakukan hal tersebut.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA