Kamis 05 Dec 2019 19:01 WIB

Amalan Sederhana Agar Bisa Ikhlas Lapang Dada Hadapi Cobaan

Ikhlas lapang dada hendaknya dilakukan dengan

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan / Red: Nashih Nashrullah
Ikhlas dan lapang dada menghadapi masalah suatu keharusan. Foto Zikir (Ilustrasi)
Foto: REPUBLIKA
Ikhlas dan lapang dada menghadapi masalah suatu keharusan. Foto Zikir (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Mayoritas masyarakat masih sulit untuk menerima apa yang telah disiratkan Allah SWT. Hal itu jelas tampak pada keinginan yang kerap kali tidak sesuai dengan hasil.

“Terutama kala menghadapi musibah. Ingin sehat tapi justru sakit,” ujar Dewan Pakar Aswaja Center PWNU Jawa Timur, Gus Yusuf Suharto, dalam keterangan yang diterima Republika.co.id, Kamis (5/12). 

Baca Juga

Menurut dia, ikhlas dan lapang dada saling berhubungan satu sama lain, dan harus dimiliki insan manusia. Lebih lanjut, dia juga menyinggung bahwa hal itu sudah dijelaskan secara gamblang dalam QS Thaha, 25-28. 

قَالَ رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي  وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي  يَفْقَهُوا قَوْلِي

Menanggapi hal tersebut dia menyarankan agar setiap insan bisa ikhlas menerima dan mengikuti amalannya. Mengutip perkataan Habib Ahmad Muhajir, dia menuturkan, bahwa pengalaman dan cobaan harus menjadi pembelajaran. “Semua yang diberikan Allah adalah pelajaran untuk diambil hikmah," sambungnya. 

Lebih lanjut, dia menekankan bahwa memang wajar jika belum bisa menerima masalah tertentu untuk pertama kali, di mana pasti ada penolakan. Akan tetapi, jika sudah menerima masalah kedua dan ketiga kalinya, diri pribadi akan menerimanya secara otomatis.  

Gus Yusuf menegaskan bahwa Allah SWT akan terus memberikan masalah kepada umatnya. Hal tersebut menjadikannya sebagai sarana untuk mendidik umat Nya. Masih mengutip perkataan Habib Ahmad Muhajir, untuk bisa tabah dan menerima masalah yang ada. 

Doa Rabbisyrahli shadri bisa menjadi sarana untuk membantunya, terlebih dengan dibaca sebanyak seratus kali dalam sehari.  

Lebih jauh, dia mengatakan jika ingin merasa mudah menerima atau ikhlas dalam setiap perbuatan, amalan dari Habib Taufiq Pasuruan bisa menjadi solusi. "Tiap usai shalat, baca surah al-Ikhlas tujuh kali," sarannya.

Gus Yusuf menekankan untuk membaca juga shalawat, hal tersebut juga untuk membantu kita agar tetap ingat pada Allah SWT ketika mendapat masalah.  

Setiap manusia memang akan mendapat cobaan, bagaimanapun bentuknya. Akan tetapi, dalam surah al-Baqarah ayat 286 disebutkan bahwa “Allah tidak akan memberikan suatu cobaan di luar batas kemampuan manusia.”  

Oleh sebab itu, dengan ikhlas dan sabar menerimanya, setiap masalah akan berlalu dan menjadi pembelajaran.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement