Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Begini Kondisi Tubuh Muhammad SAW Kala Menerima Wahyu

Kamis 05 Dec 2019 13:17 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Alquran/Ilustrasi

Alquran/Ilustrasi

Nabi Muhammad SAW tubuhnya berkeringat saat menerima wahyu.

REPUBLIKA.CO.ID, Allah SWT menyampaikan wahyunya kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril dengan berbagai cara dan kondisi. Dalam banyak riwayat menyebutkan ketika Allah SWT menurunkan wahyu-Nya, tubuh Nabi Muhammad mengucurkan keringat karena keagungan wahyu yang diterimanya. 

Bahkan beberapa riwayat menyebutkan tubuh Rasulullah sampai gemetar ketika menerima wahyu seperti saat Rasulullah menerima wahyu pertama di gua Hira yakni surah al-Alaq ayat 1 sampai 5.  

Dalam kitab Shahih al-Bukhari, sahabat Harits bin Hisyam pernah menanyakan kepada Rasulullah tentang bagaimana wahyu itu turun. Lalu Rasulullah pun menjawab terkadang wahyu itu datang kepada Rasulullah seperti suara gemerincing lonceng. 

Baca Juga

Cara inilah yang paling berat bagi Rasul. Namun terkadang Malaikat Jibril langsung datang dengan menyerupai seorang laki-laki dan menyampaikan wahyu kepada Nabi Muhammad.   

Rasulullah mengikuti apa yang diucapkan malaikat Jibril. Istri Nabi Muhammad, Aisyah RA menjelaskan bahwa dirinya pernah menyaksikan bagaimana Rasulullah saat menerima wahyu dalam satu waktu yang sangat dingin. Rasul pun sampai mengucurkan keringat ketika menerima wahyu. Berikut keterangan lengkap hadisnya:  

"Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Yusuf berkata, telah mengabarkan kepada kami Malik dari Hisyam bin 'Urwah dari bapaknya dari Aisyah Ibu Kaum Mu'minin, bahwa Al Harits bin Hisyam bertanya kepada Rasulullah SAW: "Wahai Rasulullah, bagaimana caranya wahyu turun kepada engkau?" Maka Rasulullah SAW menjawab: "Terkadang datang kepadaku seperti suara gemerincing lonceng dan cara ini yang paling berat buatku, lalu terhenti sehingga aku dapat mengerti apa yang disampaikan. Dan terkadang datang Malaikat menyerupai seorang laki-laki lalu berbicara kepadaku maka aku ikuti apa yang diucapkannya". 

Aisyah berkata: "Sungguh aku pernah melihat turunnya wahyu kepada Beliau SAW pada suatu hari yang sangat dingin lalu terhenti, dan aku lihat dahi Beliau mengucurkan keringat." Keterangan tentang cara turunnya wahyu kepada Rasulullah juga diriwayatkan dalam hadis imam Muslim dan Imam Tirmidzi.  

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA