Jumat 29 Nov 2019 14:41 WIB

Menag: Jabatan Itu Amanah

Menag meminta pejabat mengemban amanah dengan bersikap adil.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Agung Sasongko
Menteri Agama Fachrul Razi bersilaturrahmi dengan jemaah solat Jumat di Masjid Raya Sumatera Barat, Kota Padang, Jumat (29/11)
Foto: Republika/Febrian Fachri
Menteri Agama Fachrul Razi bersilaturrahmi dengan jemaah solat Jumat di Masjid Raya Sumatera Barat, Kota Padang, Jumat (29/11)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Menteri Agama RI Fachrul Razi memaknai jabatan yang diembannya merupakan amanah dari Allah SWT yang harus dijalankan sebaik mungkin. Fachrul menyebut jabatan apapun yang dipegang oleh seseorang tidak akan selamanya.

Untuk itu, kata dia pejabat harus menjalankan tugas sebaik mungkin untuk membela kepentingan orang banyak. "Jabatan itu amanah. Saya sependapat jabatan yang diemban itu tidak akan pernah selamanya," kata Fachrul di Masjid Raya Sumatera Barat, Kota Padang, Jumat (29/11).

Baca Juga

Untuk diri sendiri dan para pemangku jabatan, Menag berpesan agar hati-hati dalam melakukan tindakan. Ia mengingatkan salah satu hal paling penting dari seorang pejabat ialah sikap adil.

Selain itu, sikap amanah dari seorang pejabat menurut Menag bukanlah saat di depan orang banyak saja. Pejabat harus amanah dalam setiap gerak gerik walau tidak terlihar orang lain.

 

Fachrul menyebutkan ayat Allah dalam Alquran yang maknanya Allah maha mengetahui sesuatu. "Jangan ketika tidak ada yang melihat, lalu berbuat zalim. Ingat, Allah maha melihat," ujar Fachrul.

Saat bertatap muka dengan jamaah shalat Jumat di Masjid Raya Sumbar, Fachrul meminta restu dan doa untuk mengemban jabatan sebagai Menag yang baru. Walau lahir dan besar di Aceh, mantan Wakil Panglima TNI tersebut punya darah Minangkabau dari ayahnya.

"Saya memohon restu mengatur pemerintahan di bidang keagamaan. Untuk mengeluarkan kebijakan agar kehidupan beragama di Indonesia bisa lebih baik," kata Fachrul menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement