Jumat 22 Nov 2019 00:20 WIB

Akhir Tahun Momen Evaluasi Diri

Prinisipnyaa umat Islam jangan memilih-milih waktu untuk berbuat kebaikan.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Republika menggelar
Foto: Foto: Nur Hasan Murtiaji/Republika
Republika menggelar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Republika Biro Yogyakarta akan menggelar Tabligh Akbar di Masjid Jogokariyan, Yogyakarta pada 31 Desember 2019. Tabligh Akbar yang rutin diselenggarakan Republika disambut baik Ustaz Awan Abdullah karena menurutnya akhir tahun momen untuk mengevaluasi diri.

Ustaz Awan yang akan memberikan tausiyah di acara Tabligh Akbar menyampaikan, umat Islam tidak memilih-milih waktu yang baik untuk berbuat kebaikan. Artinya di setiap waktu seorang Muslim harus selalu mengajak kepada kebaikan, berbuat kebaikan tidak harus hanya di malam tahun baru.

Baca Juga

"Pokoknya setiap waktu, setiap saat, setiap detik, kita harus selalu mengajak kepada kebaikan, dan selalu berada dalam kondisi yang baik penuh kebaikan," kata Ustaz Awan kepada Republika, Rabu (21/11) malam.

Ia menegaskan, prinsipnya umat Islam jangan memilih-milih waktu untuk berbuat kebaikan. Pada momen malam tahun baru maka sebagai seorang Muslim tidak ada yang harus dilakukan kecuali bermuhasabah artinya mengoreksi atau mengevaluasi diri.

Melakukan evaluasi diri dengan merenungkan usia yang semakin tua, pikirkan apa yang sudah diberikan kepada agama, negara, bangsa, orang tua dan orang-orang terdekat. Pikirkan juga apa yang akan disiapkan untuk masa depan.

Ustaz Awan juga mengapresiasi Tabligh Akbar Republika, menurutnya milad sebuah perusahaan atau instansi kalau diisi dengan kegiatan ibadah tentu bagus. Jadi Republika Biro Yogyakarta menyelenggarakan Tabligh Akbar bagus karena tidak ada kesia-siaan. Tapi kalau membuat acara hura-hura yang tidak bermutu tentu tidak bagus dan sia-sia.

"Saya sebagai orang Islam menyambut gembira kalau Republika membuat Tabligh Akbar karena milad yang berkah memang begitu, InsyaAllah," ujarnya.

Tabligh Akbar Republika ke-10 mengusung tema yang sama dengan Dzikir Nasional Republika ke-17 yakni 'Membangun Generasi Indonesia yang Unggul'. Menurut Ustaz Awan, generasi unggul adalah generasi yang bagus habluminallah dan habluminannas.

Dia menerangkan, habluminallah artinya bagus dari sisi keimanannya dan bagus ibadahnya. Habluminannas artinya memiliki amal sosial yang bagus ke orang lain. Fisik dan materinya bagus karena seorang Muslim harus membantu orang lain.

"Kalau dia (Muslim) punya kehidupan materi yang bagus, dia akan banyak memberi manfaat, generasi unggul prinsipnya bagus dengan Allah dan bagus dengan makhluk, bagus dengan Allah ada kriterianya, bagus dengan makhluk ada kriterianya," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement