Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Wali Kota Bandung Ajak Umat Islam Bangun Toleransi Agama

Senin 18 Nov 2019 15:45 WIB

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agung Sasongko

Walikota Bandung Oded M Danial

Walikota Bandung Oded M Danial

Foto: Abdan Syakura_Republika
Alquran mengajarkan umat muslim untuk membangun toleransi antar umat beragama.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Walikota Bandung, Oded M Danial mengajak seluruh umat muslim untuk mempraktekkan ajaran-ajaran yang terdapat dalam Alquran. Salah satunya adalah membangun toleransi antar umat beragama, mencintai kebersihan dan mendorong kinerja yang baik dalam tiap kegiatan.

"Kita juga harus lebih membumikan narasi Alquran dalam kehidupan seperti cinta kebersihan, kinerja yang baik dan cinta toleransi beragama," ujarnya disela-sela acara pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Kota Bandung ke 46 di Balaikota Bandung, Senin (18/11). 

Ia menegaskan, Alquran mengajarkan umat muslim untuk membangun toleransi antar umat beragama. Katanya, MTQ ke 46 di Kota Bandung yang diselenggarakan merupakan upaya untuk mencintai Alquran, Allah Swt dan Rasullulah Saw. 

Serta mempraktekkan ajaran-ajaran Alquran. "Dengan semangat MTQ, agar mencintai Alquran, Allah Swt dan Rasulnya," katanya.

Dirinya mengatakan agenda MTQ di Kota Bandung diselenggarakan 2 tahun sekali melibatkan 500 orang lebih peserta dari 30 kecamatan yang ada. Dengan tujuh gelar yang diperoleh di MTQ tingkat Jabar, Oded berharap Kota Bandung bisa meraih juara yang serupa.

"Saya berharap dari semangat ini tetap Kota Bandung 7 kali mendapat gelar juara di Jabar (MTQ). Mudah mudahan tetap juara," katanya.

Istri Wali Kota Bandung, Siti Muntamah yang akrab disapa Ummi, anggota DPRD Jabar menambahkan, kegiatan MTQ merupakan salah satu program untuk menghadirkan Kota Bandung menjadi agamis. Selain itu, suaminya memiliki kebijakan 1.000 hafiz perkelurahan di Kota Bandung.

"Ini kegiatan rutin, semangatnya tiap hari. Ini bagian terpenting dari program pak Wali untuk menghadirkan Bandung agamis. Salah satunya program 1.000 hafiz perkelurahan," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA