Senin 18 Nov 2019 11:59 WIB

Rumah Zakat Wakafkan Infrastruktur Sumber Air di Cibugel

Warga Cibugel kesulitan air bersih akibat musim kemarau.

Rumah Zakat mewakafkan sumber air bersih untuk warga Cibugel.
Foto: rumah zakat
Rumah Zakat mewakafkan sumber air bersih untuk warga Cibugel.

REPUBLIKA.CO.ID, SUMEDANG – Kemarau panjang yang masih terjadi, membuat warga Desa Cibugel, Kecamatan Cibugel, Sumedang, mengalami krisis air bersih. Jangankan air bersih air, air untuk mencuci piring atau memberi minum ternak pun sulit didapat mesti berjalan berkilometer ke lembah sungai.

PAM atau PAMSIMAS yang selama ini menjadi tumpuan sumber air saat ini digilir dengan waktu. Musim kemarau ini mengakibarkan kapasitas air di PAM pun saat ini menipis, bahkan terkadang air PAM pun tidak mengalir.

Baca Juga

Nasrudin, salah satu warga Desa Cibugel mengatakan, sumur miliknya saat ini sudah mengering. “Musim kemarau saat ini terasa lebih parah dari musim-musim sebelumnya, saat ini sumur saya mengering yang sebelumnya tidak pernah kering, mungkin perlu di perdalam, dari PAM pun tidak mengalir,” kata dia.

Melihat situasi tersebut, Rumah Zakat mewakafkan sumber air bersih untuk warga Cibugel. Pada Jumat (15/11), dilaksanakan pembuatan Sumur di Kampung Cibiru RT 02 RW 01 Dusun Sirnarasa Desa Cibugel. Tepatnya di halaman masjid Al- Hidayah Cibiru.

Sebelumnya Rumah Zakat telah beberapa kali membantu dalam pengadaan air bersih. Rumah Zakat  mengirim mobil tanki. Namun kebutuhan air warga memang sangat tinggi sehingga butuh adanya sumber air yang dapat digunakan jangka panjang.  

“Saya merasa prihatin dengan keadaan warga masyarakat Cibugel yang mengalami krisis air bersih, sehingga beberapa kali saya mencoba membantu mengirimkan air bersih menggunakan mobil tanki dari program Berbagi Air Kehidupan dari Rumah Zakat,” ujar Nandar Sutisna sebagai Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat.

Nandar menambahkan kegiatan itu dilakukan sebagai wujud perhatian dan kepedulian Rumah Zakat terhadap kesulitan masyarakat. Dia berharap dibangunnya sumur tersebut setidaknya dapat meringankan masyarakat dalam pengadaan air bersih.

Endang selaku Tokoh Masyarakat berterima kasih atas kepedulian Rumah Zakat yang telah memberikan bantuan Sarana atau insfrastruktur pembuatan sumur untuk warga masyarakat kampung Cibiru, Dusun Sirnarasa, Desa Cibugel. “Terima kasih Rumah Zakat, yang tiada henti membantu kami warga masyarakat Cibiru khsusnya,"ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement