Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Tiga Bangunan Khas Islam di India

Rabu 13 Nov 2019 13:00 WIB

Red: Agung Sasongko

Taj Mahal

Taj Mahal

Foto: Pawan Sharma/AP
Peradaban Islam menjangkau India dengan kehadiran dinasti-dinasti Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- ndia (Bharat) merupakan republik federasi di Asia Selatan dengan ibu kota New Delhi. Merujuk artikel Population by Region in India, Islam adalah agama terbesar kedua di India

Pada 2011, sensus penduduk negara tersebut menyebutkan jumlah Muslim di India sebanyak 14,2 persen dari populasi atau sekitar 172 juta jiwa. Peranan Muslim India dalam pengembangan Islam dapat dilihat dalam empat tahapan. Pertama, masa sebelum Kerajaan Mughal (705-1526). Kedua, masa kekuasaan Kerajaan Mughal (1526-1858). Ketiga, masa kekuasaan Inggris (1858-1947). Dan tahap keempat, masa negara India sekuler (1947-sekarang)

Masuknya kaum Muslimin ke anak benua India terjadi dalam tiga gelombang yang terpisah. Orang-orang Arab masuk pada abad ke-8, orang-orang Turki pada abad ke-12 dan orang-orang Afghan pada abad ke-16.

Jauh sebelum Kerajaan Mughal berdiri, sebenarnya sejak abad ke-1 Hijriyah, Islam telah masuk India ketika Umar bin Khattab memerintahkan suatu ekpedisi. Berikut tiga arsitektur yang menjadi bukti adanya jejak Islam di India :

Taj Mahal

Taj Mahal dibangun atas perintah kaisar Mughal Shah Jahan. Kaisar Mughal memerintah pada 1628-1658. Dan merupakan kaisar yang kaya pada masa kejayaannya.

Taj Mahal dibangun di Agra, India. Kaisar Mughal membangun Taj Mahal sebagai sebuah musoleum (monumen makam) untuk istrinya yang berasal dari Persia, yaitu Arjumand Banu Begum yang dikenal juga sebagai Mumtaz Mahal atau Mumtaz-ul-Zamani. Taj Mahal ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada 1983 untuk menjadi permata seni Muslim di India dan salah satu karya yang dikagumi dunia.

Masjid Makkah

Masjid Makkah adalah salah satu masjid tertua di Hyderabad. Masjid Makkah juga merupakan masjid terbesar di India. Masjid ini dibangun pada masa Dinasti Qutb Shahi. Muhammad Quli Qutb Shah, penguasa kelima dari Dinasti Qutb Shahi, meminta agar batu bata untuk masjid dibuat dari tanah yang dibawa dari Makkah. Untuk itu, masjid ini diberi nama Masjid Makkah.

Lebih dari 8.000 pekerja dipekerjakan untuk membangun masjid. Muhammad Quli Qutb Shah pribadi meletakkan batu fondasi. Konstruksi masjid kemudian diselesaikan oleh kaisar Mughal Aurangzeb setelah menaklukkan Hyderabad.

Gol Gumbaz Gol Gumbaz adalah makam Muhammad Adil Shah, Sultan Bijapur. Makam, terletak di Bijapur, Karnataka di India. Pembangunan selesai pada 1656 oleh arsitek Yaqut dari Dabul. Nama Gol Gumbaz berasal dari gol gombadh yang berarti kubah melingkar. Gol Gumbaz dibangun sesuai dengan arsitektur Deccan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA