Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Beraksi Ala Robin Hood, Pria Misterius Santuni Dhuafa Turki

Rabu 13 Nov 2019 08:40 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Ilustrasi Sedekah

Ilustrasi Sedekah

Foto: Republika/Tahta Aidilla
Hingga saat ini belum terungkap identitas pria misterius ala Robin Hood.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL – Sejak beberapa bulan terakhir warga Istanbul Turki dibuat penasaran oleh orang misterius yang kerap meninggalkan uang di depan pintu rumah warga yang kurang mampu. 

Baca Juga

Beberapa hari lalu, sosok misterius itu kembali beraksi memberikan cuma-cuma uang kepada warga yang membutuhkan. Menariknya, ketika warga coba menanyakan namanya, orang itu menamai dirinya Robin Hood.   

"Saya menanyakan namanya, dan dia hanya memberi tahu saya 'panggil saja saya Robin Hood'," kata Coskun Yilmaz salah seorang warga yang sempat bertemu orang misterius yang kerap memberikan bantuan uang pada warga yang membutuhkan seperti dilansir Daily Sabah pada Rabu (13/11).   

Yilmaz yang sehari-hari mengelola toko kelontong mengatakan pria misterius itu baru-baru ini melunasi hutang penduduk di Guzla dan Istanbul. Toko milik Yilmaz pun bukan satu-satunya tempat yang dikunjungi si Robin Hood itu. 

Beberapa warga di sekitar lingkungan Mimar Sinan juga melaporkan hal yang sama, mereka menerima uang tunai dalam sebuah amplop dari orang asing yang sama.    

Meski begitu tak diketahui apa pria dermawan yang misterius itu merampok orang kaya untuk diberikan kepada orang Inggris seperti kisah film Robin Hood. Namun yang pasti, ia mempunyai sumber daya dan waktu yang cukup. 

Menurut keterangan warga dan laporan media menyebutkan bahwa dalam beberapa bulan pertama tahun ini orang yang sama juga kerap melakukan hal serupa bersama teman-temannya di distrik Beyoglu dan Basaksehir Istanbul. Mereka membagi-bagikan uang tunai kepada keluarga yang membutuhkan tanpa mengungkapkan identitas mereka.   

Beberapa hari lalu, pria dermawan itu muncul lagi. Menariknya ia memilih melakukan aksinya itu di siang hari seperti halnya yang dilakukan di Beyoglu dan Basaksehir. Sasarannya dan lokasinya tetap sama yakni di lingkungan kelas pekerja yang dipenuhi dengan rumah-rumah kumuh.    

"Seseorang datang dan meminta saya menggambilkan buku catatan utang pelanggan saya. Ada empat orang yang utangnya besar, saya memberi tahunya tempat tinggal orang-orang ini. Setelah berbicara dengan mereka, dia kembali lagi dan membayar semua utang orang-orang itu. Saya belajar tentang dia yang memberi uang tahan pada keluarga-keluarga itu," kata Yilmaz.    

Pria misterius itu juga pernah mengunjungi seorang penjual bahan makanan, Tuncay Yasar. Pria misterius itu ingin membayar utang orang-orang yang tak mampu. "Dia berkata pada saya, bahwa dia di sini untuk membayar utang mereka yang tak mampu. Saya sudah di sini 30 tahun, dan baru kali ini saya temukan orang yang berbuat seperti itu. Pelanggan saya pun sangat senang dan ingin melihatnya, tapi saya tak tahu apa-apa, dia tak menyebutkan nama, hanya saja dia berkata 'hanya untuk mendapatkan berkah Allah'," katanya.    

Warga lainnya, Gonul Yasar juga mengatakan ada dua orang pria berpakaian bagus pada Senin kemarin memberikan amplop berisi 1.000 lira Turki pada tetangganya. "Mereka juga memberikan 50 lira Turki pada seorang gadis kecil yang mereka temui," katanya.  

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA