Jumat 15 Nov 2019 04:24 WIB

Berapa Jumlah Pemain Mehter Tahkimi?

Mehter tahkimi adalah salah satu mozaik sejarah musik Ottoman

Mehter Tahkimi
Foto: haberexen.com
Mehter Tahkimi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Mehter tahkimi adalah salah satu mozaik sejarah musik Ottoman yang dimulai sejak 1299 M hingga berakhinya kekuasaan Ottoman pada 1923 M, sempat bergaung dari Timur Tengah hingga Eropa lebih dari 600 tahun lamanya. Penjelajah Turki Evliya Celebi mencatat Kekaisaran Ottoman memiliki 40 kelompok musik, penyanyi, dan komposer mehter.

Mehter tahkimi terdiri atas tujuh hingga sembilan pemain yang masing-masing memegang instrumen musik. Pada setiap penampilan mehter tahkimi, pemain wajib untuk selalu membawa çevgan yaitu pembawa logam bulan sabit besar yang dihiasi lonceng. Suara gemerincing lonceng yang dibawa çevgan turut menghidupkan suasana alunan musik mehter tahkimi.

Antoine Galland, Penerjemah kisah Seribu Satu Malam ke dalam bahasa Prancis, sangat terkesan dengan alunan musik yang sudah identik dengan militer Turki itu ketika ia berkesempatan mengunjungi Konstatinopel, nama lama Istanbul, tahun 1672 M-1673 M. ''Yang menggetarkan adalah gemuruh simbal yang ditalu,'' kata dia.

Mehter tahkimi selama ratusan tahun telah dimainkan untuk menyemangati pasukan infanteri Ottoman, terutama tentara Janissari yang awalnya direkrut dari orang luar Turki. Hari ini, musik mehter tahkimi menjadi lagu kebanggaan nasional di Turki. 

Mehmet Ali Sanlikol menulis dalam bukunya The Musician Mehters bahwa mehter tahkimi lebih dari sekadar lagu perang. Bagi musisi rock dan jazz Turki modern itu, suara ribut yang dihasilkan mehter tahkimi bagaikan alunan nada Led Zeppelin, Herbie Hancock's Headhunters, dan James Brown. 

Sebagai pawai musik resmi negara, mehter tahkimi yang bersuara ribut itu mempunyai tugas rutin untuk membangunkan orang-orang di pagi hari dan memberikan pertunjukan musik di istana pada malam hari. Mereka mendampingi aktivitas sultan Ottoman dan menghibur tamu negara pada upacara atau perayaan dan juga mengiringi keberangkatan mereka yang berhaji ke Makkah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement