Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

KNKS Resmikan Unit Layanan Keuangan Syariah di Ponpes Sains

Sabtu 09 Nov 2019 19:39 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko

Gerbang Pesantren Sains Salman

Gerbang Pesantren Sains Salman

Foto: Republika/ Andrian Saputra
Peresmian dihadiri Direktur KNKS Ahmad Juwaini.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON --- Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) bekerjasama dengan Pondok Pesantren Sains Salman Assalam Cirebon meresmikan Unit Layanan Keuangan Syariah Pesantren (ULKS).

Peresmian ULKS yang berlangsung Kamis (7/11) itu dihadiri langsung Direktur KNKS, Ahmad Juwaini dan disaksikan oleh Perwakilan Kantor Pusat BRI Syariah, Pegadaian Syariah, Ammana Fintect Syariah, Bank Indonesia, OJK, Kemenag Cirebon, pimpinan Ponpes Sains Assalam Cirebon KH Usep Saefudin Zuhri dan KH Warso Winata serta  tokoh masyarakat dan jamaah majelis Ta’lim setempat.

Peresmian ULKS diawali dengan taushiah dalam rangka peringatan maulid nabi Muhammad SAW 1441 H oleh Ustadz Imanuddin Najib, Khodim Majelis Sirojul Munir. 

“Kehadiran ULKS di pesantren Salman Assalam merupakan bagian dari upaya KNKS untuk memperluas jangkauan layanan dan mempermudah keuangan syari’ah kepada masyarakat, dimana dalam satu lembaga pesantren, masyarakat dapat mendapatkan pelayanan dari BRI Syariah, Pegadaian Syariah juga Ammana Fintect Syariah.” Kata Ahmad Juwaini seperti rilis dari Ponpes Sains Assalam Cirebon yang diterima Republika,co.id pada Jum'at (8/11).

Ahmad Juwaini menambahkan, hadirnya ULKS di pesantren yang notabene berada di tengah masyarakat, diharapkan mampu memangkas jarak masyarakat yang ingin istiqomah dalam syariah dan maupun yang mau hijrah ke keuangan syariah. Dimana masyarakat beralasan bahwa fasilitas keuangan syariah jauh dari masyarakat.

Kiai Warso Winata menyampaikan bahwa ULKS ini adalah salah satu dari pengabdian pondok ke masyarakat untuk mengedukasi mereka betapa pentingnya keuangan syariah serta memberikan mereka solusi ketika mereka membutuhkan pelayanan keuangan syariah. 

“Ini adalah perjuangan kita bersama untuk menguatkan mereka yang sudah bersyariah dan mengajak masyarakat yang belum untuk bersyariah dalam sistem keuangannya. Kalau bukan kita, siapa lagi,” katanya.

Pesantrenn Sains Salman Assalam adalah pesantren  di Cirebon yang sukses mengkolaborasikan sistem pendidikan modern ala Gontor dengan Sains dan tahfidz. Pesantren ini berada di desa Cikalahang, Kecamatan Dukupuntang Cirebon. Pesantren ini pun telah sukses mencetak lulusan yang kini banyak melanjutkan studi di sejumlah perguruan tinggi ternama baik di dalam negeri maupun luar negeri. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA