Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Readathon Tumbuhkan Kegemaran Membaca Ala SD Juara

Jumat 08 Nov 2019 16:59 WIB

Red: Gita Amanda

SD Juara Paragon Cimahi dengan kegiatan Gerakan Literasi Sekolah, Readathon.

SD Juara Paragon Cimahi dengan kegiatan Gerakan Literasi Sekolah, Readathon.

Foto: Rumah Zakat
Seluruh siswa dan guru SD Juara larut bersama buku yang mereka baca.

REPUBLIKA.CO.ID, CIMAHI -- Membaca termasuk keterampilan yang sangat penting bagi masa depan. Dengan membaca bisa mendapatkan pengetahuan. Namun masih banyak diantara pelajar yang belum terbiasa membaca.

Hal tersebut menjadikan membaca sebagian dari gerakan literasi sekolah, terus diupayakan agar menjadi salah satu keterampilan yang dimiliki oleh setiap siswa. 

Perlu banyak cara kreatif dan menarik untuk menumbuhkan keterampilan dan kegemaran membaca pada siswa. Di SD Juara Paragon Cimahi, salah satu kegiatan Gerakan Literasi Sekolah adalah Readathon. 

Pada waktu yang sama seluruh siswa dan guru melakukan aktifitas membaca dilapangan sekolah. Dilaksanakan setiap minggu pertama pada Jumat pagi.  Jumat 1 November lalu, Readathon dilaksanakan setelah seluruh siswa dan guru melakukan pembiasaan senam. Senam ceria yang dipimpin oleh guru-guru kelas bawah. 

Asyik dalam aktifitas membaca seluruh siswa dan guru larut bersama buku yang mereka baca. Buku yang dibaca ada yang sengaja membawa dari rumah, dan sebagian dari perpustakaan. Beberapa siswa yang telah selesai membaca saling berbagi dari apa yang telah mereka baca. Mereka menyampaikan keindahan dari buku mreka. 

photo
Siswa menuliskan judul dan pengarang serta inti dari isi buku yang mereka baca pada kertas berbentuk daun.

Setelah membaca, seluruh siswa menuliskan judul dan pengarang serta inti dari isi buku yang mereka baca pada kertas berbentuk daun. Setelah itu secara bergiliran mereka menempel daun literasinya di "pohon geulis". 

“Semoga kebiasaan membaca menjadi kebiasaan yang digemari seluruh warga SD Juara Paragon Cimahi,” ujar Rika, salah satu guru kelas bawah di SD Juara Paragon Cimahi. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA