Rabu 06 Nov 2019 06:47 WIB

Jasadnya Hidup Tapi Hatinya Mati, Siapa Mereka?

Manusia yang hidup tapi hatinya mati sangat banyak.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Berdoa di Bukit Tsur
Foto: Republika/Heri Ruslan
Ilustrasi Berdoa di Bukit Tsur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Hati merupakan pusat dari aktivitas kehidupan manusia. Hati menjadi tolok ukur dari sehat atau tidaknya spritualitas seseorang. Jika hati bersih dan baik, baik pula seluruh raga, dan demikian sebaliknya. Begitu sebagaimana digarisbawahi Rasulullah SAW dalam hadisnya. 

Namun, bagaimana mengetahui bahwa hati seseorang bermasalah atau bahkan telah mati secara kasat mata? Ibnu Athaillah dalam kitab al-Hikam menjabarkan mengenai ciri-ciri orang dengan hati yang mati. Salah satu cirinya adalah tak merasa bersalah atas perbuatan dosa dan kelalaian ibadah yang telah diperbuat.  

Baca Juga

Beliau dalam kitab tersebut menjabarkan bahwa orang yang lalai dalam ibadah serta kebaikan yang diperintahkan Allah SWT, maka rutinitasnya sehari-hari akan terasa hambar. Tak hanya itu, mereka juga tak akan merasakan kebahagiaan atau keresahan sama sekali.   

Misalnya, ketaatan tak akan membuatnya merasa bahagia dan kemaksiatan tak akan membuatnya resah. Orang dengan ciri-ciri seperti ini merupakan manusia yang memiliki hati mati. Tak hanya itu, orang dengan hati yang mati cenderung lebih mengutamakan hawa nafsunya ketimbang apapun yang berkaitan dengan ketaatan kepada Allah.  

 

Allah berfirman dalam Surat al-Furqan ayat 43 berbunyi: "Araayta manttakhadza ilahahu hawaahu afa-anta takunu alaihi wakiila.". 

Yang artinya: "Sudahkah engkau (wahai Muhammad) melihat orang yang menjadikan nafsunya sebagai tuhannya? Apakah engkau akan menjadi pelindungnya?". 

Sementara itu Imam Hasan al-Bashri pernah menyampaikan bahwa orang yang hatinya mati dan sakit akan mengikuti jalan-jalan keburukan. Sedangkan manusia dengan hati yang sehat dan hidup akan berupaya meninggalkan perbuatan dosa dan memohon ampun kepada Allah. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement