Ahad 03 Nov 2019 22:23 WIB

Ait Ben Haddou Perkampungan dan Warisan Masyarakat Maroko

Maroko merupakan tempat tinggal masyarakat campuran antara Arab, Barat, dan Afrika.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Ait Ben Addou
Foto: Wikipedia
Ait Ben Addou

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Maroko merupakan tempat tinggal masyarakat campuran antara Arab, Barat, dan Afrika. Daerah ini merupakan titik temu berbagai peradaban. Budaya masyarakatnya beragam, sehingga sejak lama, masyarakat di sana sudah terbiasa dengan keragaman budaya.

Sejak ratusan tahun lalu mereka tinggal di perkampungan yang disebut dengan kasbah. Masyarakat asli di sana berasal dari suku Berber. Mereka tinggal di berbagai kasbahyang di dalamnya terdapat berba gai bangunan kuno yang terbuat dari tanah liat.

Baca Juga

Dalam perjalanan sejarahnya suku Berber juga banyak dipengaruhi bangsa Arab yang datang ke Afrika dalam menye barkan agama Islam. Seiring berjalannya waktu, saat ini tidak semua kasbahatau perkampungan tua suku Berber ini masih di huni.

Biasanya kasbah kosong tersebut dijadikan semacam museum atau dibiarkan apa adanya. Tujuannya agar keaslian kompleks bangunan di sana terjaga. Ketika berkunjung ke sana, masyarakat tetap mendapatkan keutuhan budaya kuno tersebut.

Ait ben Haddou adalah salah satu kasbah yang menjadi magnet wisatawan.Ini adalah kompleks permukiman yang terbuat dari tanah liat. Bangunan di sana tertata rapi mulai bagian atas hingga bawah perbukitan.

Pada bagian terdepannya terdapat tembok benteng lengkap dengan area penjaga an. Ini merupakan wujud arsitektur khas Maroko yang kini menjadi cagar budaya dunia.

Terletak di Provinsi Ouarzazate, Lembah Ounilla, selatan Maroko, area ini merupakan tempat kehidupan masyarakat Sahara tradisional.

Nilai budaya Ait ben Haddou

Unesco PBB mencatat nilai budaya yang terkandung dalam kompleks yang menjadi destinasi wisata selatan Maroko ini.

Ait Ben Haddou adalah kasbahyang paling terkenal di kaki pegunungan atau atlas di Kota Ouarzazate. Kota ini letaknya di jalur antara Kota Marakesh dan gurun pasir sahara di Maroko. Kasbah Ait Ben Haddou dibangun sekitar abad ke-17.

Dengan datang ke sana, pengunjung akan menyaksikan pemandangan indah berupa bangunan kuno dengan segala ke unik annya.

Kalau ingin wisata ke sana, ha rus meng hubungi agen perjalanan yang mempunyai paket wisata Maroko, terutama sekitar Kota Marrakech. Kalau kurang puas, turis bisa menapaki sendiri kasbahini dengan bus atau sewa mobil ke Kota Ouarzazate.

Ait Ben Haddou juga salah satu magnet dalam produksi film Hollywood. Karena keindahan dan keunikannya, sejak era 1960-an, kasbahAit Ben Haddou acap dijadikan lokasi pengambilan gambar film?film kolosal produksi Hollywood. Beberapa film yang sempat mengambil gambar di kas bah ini antara lain, Sodom and Go mor rah (1963), Marco Polo(1982), Gladiator(2000)yang dibintangi Russel Crowe, dan terakhir adalah film King of Persia(2010).

Datanglah ke sana. Tapaki setiap anak tangga yang ada.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement