Rabu 30 Oct 2019 18:52 WIB

1.700 Peserta Ikuti Lomba GEMA SCB 2019

Kegiatan tahunan Sekolah Cendekia Baznas ini diikuti peserta dari berbagai daerah.

Lomba Cipta Media Pembelajaran.
Foto: Dok SCB
Lomba Cipta Media Pembelajaran.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Sebanyak 1.717 peserta mengikuti perlombaan GEMA Sekolah Cendekia Baznas  (SCB) 2019 yang diselenggarakan di SCB, Bogor, Jawa Barat, 21-26 Oktober 2019.

Kegiatan yang mengusung tema “Be Brainly, Religious and Active Student (Be BRAVE)” ini diikuti oleh peserta mulai dari jenjang TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, Guru hingga masyarakat umum. Peserta terbagi dalam tujuh  kategori lomba, yaitu Futsal Islami, Olimpiade Zakat dan MIPA (OZAM), Petanque, Formasi Pengibaran Bendera (FPB), Cipta Media Pembelajaran, Cipta Puisi serta Lomba Menggambar dan Mewarnai.

Penanggung Jawab Kegiatan GEMA SCB 2019, Kamal Ibrahim menyampaikan jumlah peserta GEMA meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya diikuti 1.039 peserta. Kegiatan tahunan SCB ini, diikuti oleh peserta dari berbagai daerah, di antaranya Bogor, Depok, Bandung, Jawa Tengah, Karawang, Jakarta, Sukabumi, Palembang dan Lombok Tengah.

“GEMA SCB menjadi salah satu upaya kami dalam mengedukasi zakat kepada para peserta, khususnya kepada pelajar sejak dini melalui OZAM,”  ujar Kamal dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (30/10).

photo
Pengumuman pemenang.

Kepala Bagian Pendistribusian Bidang Sosial Baznas, Farid Septian menyampaikan Baznas terus bergerak memajukan pendidikan di Indonesia melalui dana zakat. Kebermanfaatan dana zakat sangat luas. Tidak hanya di sektor pendidikan, melaikan juga di berbagai sektor lainnya yang kini sedang dikembangkan Baznas.

“Zakat ini tidak hanya yang kita pahami selama ini. Kalau di kampung dikelola dengan sangat sederhana, dikumpulkan dan disalurkan ketika Ramadhan saja. Padahal pada zaman Umar bin Abdul Aziz, zakat ini luar biasa.  Zakat bisa membuat satu jazirah (semenanjung besar) tidak lagi ada orang yang membutuhkan dana zakat,” ujarnya.

Camat Cibungbulang, Yudhi Nurjaman turut mengapresiasi kegiatan GEMA SCB 2019. Ia menyampaikan, pemerintah desa siap mendukung berbagai kegiatan pendidikan yang dilaksanakan SCB.

Kegiatan GEMA SCB 2019 turut dimeriahkan dengan jalan sehat, pembagian doorprize, penampilan drama kabaret, marawis, tari nusantara dan monolog yang disuguhkan oleh siswa-siswi SCB selaku panitia acara. Puncak acara sekaligus penutupan GEMA SCB 2019 berlangsung pada Sabtu (26/10).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement