Rabu 30 Oct 2019 16:40 WIB

Maruf Amin akan Buka World Zakat Forum

Sebanyak 300 tokoh organisasi pengelola zakat akan menghadiri WZF 2019.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Gita Amanda
Sekretaris Jenderal Forum Zakat Dunia atau World Zakat Forum (WZF).
Foto: Baznas
Sekretaris Jenderal Forum Zakat Dunia atau World Zakat Forum (WZF).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 300 tokoh organisasi pengelola zakat akan menghadiri konferensi internasional World Zakat Forum (WZF) 2019 yang akan dilaksanakan, Selasa (5/11), hingga Kamis (7/11), di Crown Plaza Hotel, Bandung, Jawa Barat. Mengusung tema "Optimizing Global Zakat Role trough Digital Tegnology", acara akan dibuka oleh Wakil Presiden RI, Maruf Amin.

"World Zakat Forum akan dibuka oleh Wakil Presiden, KH Maaruf Amin, saya sudah menghadap kepada Wapres dan akan membuka WZF pada tanggal 5," kata Ketua Badan Amil Zakat (Baznas), Bambang Sudibyo, sekaligus Sekretaris Jenderal World Zakat Forum di Jakarta, Rabu (30/10).

Baca Juga

Acara ini juga akan dihadiri opeh Menteri Agama RI, Fahrul Razi dan Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi. Bambang Sudibyo mengatakan, tema WZF 2019 ini diangkat karena kebutuhan pengelolaan zakat yang harus sejalan dengan gaya hidup masyarakat yang kini menjadi serba cepat dan mudah dengan fasilitas teknologi digital.

"Tantangannya adalah bagaimana dengan kemajuan teknologi ini bisa lebih meningkatkan percepatan pelayanan bagi para pengelola zakat. Selain, bagaiamana agar meningkatkan kesadaran masyarakat tentang manfaat berzakat bagi umat Muslim sedunia," katanya.

Selain itu, dalam menjawab tantangan zakat di era digital dengan memanfaatkan teknologi, para pengelola zakat bisa mempercepat akses terhadap kebutuhan para penerima zakat (mustahik).

"Harapannya, penghimpunan zakat semakin besar, penyaluran zakat semakin tersebar dan kemiskinan di dunia dapat dientaskan," kata Bambang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement