Selasa 29 Oct 2019 18:55 WIB

Romo Magnis: Hubungan Kristen dan Islam Semakin Membaik

Hubungan Kristen dan Islam relatif tak ada masalah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Romo Franz Magnis Suseno menanggapi persoalan yang menimpa Papua, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (23/8).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Romo Franz Magnis Suseno menanggapi persoalan yang menimpa Papua, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (23/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Tokoh Katolik sekaligus budayawan, Prof Franz Magnis Suzeno, mengatakan  hubungan Kristen dan Islam belum pernah sebaik sekarang. 

Hubungan kedua agama Samawi ini, menurut tokoh yang akrab disapa Romo Magnis ini diceritakan dengan baik dalam buku yang ditulis Sudibyo Markus yang berjudul "Dunia Barat dan Islam: Cahaya di Cakrawala".  

Baca Juga

"Saya rasa ini suatu kesempatan yang bagus. Buku Pak Dibyo memang bagus menceritakan hubungan kompleks antara Islam dan Kristianitas yang bagi saya mencolok," ujar Romo Magnis saat menjadi pembicara dalam acara bedah buku di Gedung Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (29/10).  

Menurut Romo Magnis, buku "Dunia Barat dan Islam: Cahaya di Cakrawala" tersebut sangat penting untuk dibaca dan ditelaah oleh publik. Apalagi, menurut dia, situasi Internasional saat ini tidak begitu baik.   

"Saya kira amat penting mengingat situasi internasional tidak begitu baik adalah bahwa hubungan antara Islam dan kristianitas merupakan suatu pendekatan terus menerus, hubungan yang barangkali belum pernah sebaik sekarang," ucap Romo Magnis.  

Buku yang dibedah itu ditulis Sudibyo Markus, yang merupakan salah satu tokoh pendiri Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). 

Buku setebal 497 halaman ini merangkum dan menghubungkan empat rangkaian tonggak sejarah penting yang mengantar manusia, khusunya umat beragam kepada perdamaian.  

"Intinya umat beragama harus sanggup menjadikan diri mereka sebagai instrumen bagi perdamaian," kata Sudibyo.  

Selain menghadirkan Romo Magnis, acara bedah buku tersebut juga menghadirkan Guru Besar Uiniversitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Azyumardi Azra. Kedua tokoh agama itu memberikan apresiasi terhadap buku yang ditulis oleh Sudibyo Markus. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement