Selasa 29 Oct 2019 10:20 WIB

Mengenal Habbatus Saudah

Rasulullah SAW menggunakan habbatus saudah untuk berbagai jenis penyakit.

Black Seed
Foto: .healthable.org
Black Seed

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Herbal bukanlah sesuatu yang asing bagi dunia Timur, termasuk di daratan Arabia. Penjual herbal sangat mudah ditemukan di pasar-pasar Timur Tengah. Keberadaannya tersebar di kota-kota, seperti Doha, Dubai, Manama, Salalah, Jiddah, bahkan di desa-desa terpencil. Mereka menjual berbagai daun, rempah, kulit kayu, ranting, batu, dan garam yang bisa digunakan untuk kuliner, kosmetik, atau pengobatan. 

Barang-barang tersebut datang dari Cina, Indonesia, Mesir, dan Suriah. Berbagai komoditas didatangkan menyeberangi Semenanjung Arab, melalui jalur perdagangan yang kerap digunakan pada masa silam. Pada zaman dulu, pedagang Arab biasa melakukan barter untuk mendapatkan berbagai herbal yang digunakan untuk mengembangkan berbagai resep makanan dan pengobatan. Resep seperti ini diwariskan turun-temurun. 

Rempah tersebut ada yang masih digunakan sampai saat ini. Masyarakat Timur Tengah merasa rempah tersebut cocok dan bisa mengatasi berbagai penyakit yang timbul. Berikut ini adalah beberapa jenis herbal dan bahan alami yang kerap digunakan untuk pengobatan di Timur Tengah

Biji hitam (Black Seed) 

Arab : Habba Souda, Habbat al-Barakah 

Inggris : Fennel Flower, Black Cumin, Nigella sativa (Latin), Ranunculaceae (Buttercup Family) 

Habba souda atau di Indonesia dikenal sebagai habbatussauda (habbats) berasal dari wilayah Mediterania. Tanaman ini tumbuh di Timur Tengah dan sebagian wilayah Asia. Nigella sativa ditumbuhkan dari biji dan dikenal sebagai “biji yang diberkati”.

Nabi Muhammad menjelaskan penggunaan habba souda untuk beberapa jenis penyakit. Hal yang sama dilakukan oleh ahli kedokteran Ibn Sina (980- 1037 M). Dia menulis bahwa habba souda bisa digunakan untuk pelega tenggorokan, menstimulasi energi dalam tubuh, mengatasi lemah, letih, dan lesu. 

Habba souda digunakan untuk mengatasi penyakit mulut dan pangkal tenggorokan, kulit, dan kanker. Habba souda juga cepat mengembalikan stamina ibu setelah melahirkan, memperlancar sistem urin, penyembuhan luka, mengatasi batu ginjal, dan meningkatkan kecerdasan. Habba souda juga digunakan untuk konsmetik yang berkhasiat untuk mempercantik kulit, menyuburkan rambut, dan menstimulasi pertumbuhan. 

Black seed berbaroma merica tapi lebih ringan. Bila diolah dalam roti atau keju wujudnya akan terlihat seperti titik hitam. Aroma rempah ini membedakan roti Arab dibanding yang lain. Masyarakat Timur Tengah biasa memakan habba souda dengan digiling dan dicampur madu. Habba souda juga digunakan untuk menghilangkan aroma amis pada susu dengan dicampur ketika dihangatkan. 

sumber : Islam Digest Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement